1. Startup

Google Ancam Tinggalkan Cina

Cina memang sudah terkenal dengan ketertutupannya dengan dunia luar, tentu saja tidak di semua bidang namun terutama di bidang komunikasi seperti julukan yang disandangnya : The Great Firewall of China. Sebutan itu tentu bukan hasil dari keisengan belaka, alasan dibelakangnya sangat kuat mendukung sebutan yang telah mendunia itu.

Dengan alasan keamanan negara, akses komunikasi via internet terus dipantau oleh pemerintahnya. Bahkan raksasa internet Google-pun terkena imbasnya. Kenapa? Karena pemerintah Cina saking paranoid-nya mensensor hasil-hasil pencarian dari Google yang dirasa "berbahaya" bagi masyarakatnya. Itu hanya satu sebab, alasan lainnya adalah datangnya serangan bertubi-tubi ke server Google yang berasal dari Cina. Perang dingin cyber antar US - Cina ini memang telah berlangsung lama, sejak tahun 2001 tepatnya ketika hacker asal Cina dengan sukses melenggang leluasa di server FBI, NASA dan CIA.

Berkaitan dengan Google, sepertinya pemerintah Cina masih bertahan dan membuat negosiasi dengan pihak Google menjadi alot. Pihak Google sendiri telah beberapa kali mengadakan negosiasi dengan pemerintah Cina dan hasilnya masih nihil dan memaksa Google mensensor hasil pencariannya. Posisi yang agak sulit memang, apalagi popularitas Google China sendiri terus menurun dibandingkan dengan pesaingnya Baidu.

Google sebenarnya hanya meminta kepada pemerintah Cina agar membiarkan Google Cina beroperasi secara independen tanpa harus mensensor hasil pencariannya. Namun pemerintah Cina bersikeras bahwa beberapa kata kunci dan hasil pencarian harus diblokir, seperti kata kunci yang berhubungan dengan pornografi dan juga gerakan politik.

Dan sekarang, Google mengancam akan keluar dari Cina jika hasil pencariannya terus diblokir oleh pemerintah Cina. Hal ini tertuang jelas dalam sebuah blog post, dan sepertinya masyarakat pengguna Internet Cina langsung bereaksi, terbukti dengan meningkatnya traffic Baidu sehari setelah kabar ancaman Google beredar.

Kalau saya jadi Google, lebih baik keluar saja dari Cina. Market share terus menurun, kalau ingin meningkat tentu berarti dengan menyediakan hasil pencarian yang lebih baik. Dan hasil pencarian yang lebih baik tentu mustahil dicapai jika terus diblokir. Mungkin memang inilah yang sengaja diincar oleh pemerintah Cina agar Baidu (produk lokal) terus berjaya.

Google have everything else. They don't need China.

Menurut anda Google sebaiknya bagaimana? Turuti pemerintah Cina? atau keluar dari Cina? Saya tunggu komentarnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again