1. Startup

Go-Jek Tidak Tutup Kemungkinan Diversifikasi ke Moda Transportasi Lain

Hal ini disampaikan langsung CEO Go-Jek terkait permintaan Gubernur DKI beberapa waktu lalu tentang Go-Truck

Meski sedang ramai dibicarakan karena gesekan yang timbul antara pengemudinya dengan tukang ojek pangkalan, Go-Jek nyatanya terus menyiapkan sejumlah inovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Tidak menutup kemungkinan Go-Jek yang sekarang sedang menikmati popularitas di sektor transportasi ojek dan layanan pesan antar makanan akan merambah ke moda transportasi lain.

Wacana perluasan layanan Go-Jek ini disampaikan langsung oleh CEO Go-Jek Nadiem Makarim. Nadiem mengutarakan niatnya untuk memperluas layanan Go-Jek untuk moda transportasi lain.

"Sekarang sih belum bisa bilang. Tapi kita pertimbangkan soal ekspansi, misalnya mengumpulkan sopir-sopir truk. Karena yang membutuhkan aplikasi kan bukan cuma ojek saja. Tunggu saja nanti," ujarnya.

Terlepas dari segala polemik dan gesekan yang ditimbulkan Go-Jek telah berhasil membuktikan ide dan inovasi yang dijalankannya merupakan bisnis yang menggiurkan dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Hal ini ditandai dengan mulai munculnya banyak pesaing Go-Jek yang menyediakan layanan serupa dan tanggapan positif dari pemerintahan dalam hal ini pemerintah DKI yang dimulai dengan kerja sama untuk menyediakan aplikasi Go-Busway di mana Go-Jek berperan sebagai feeder untuk penumpang Busway.

Sebenarnya ekspansi Go-Jek untuk merambah ke moda transportasi lain sudah diminta oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki TJahaja Purnama. Beberapa waktu lalu pria yang akrab disapa Ahok ini  meminta Go-Jek untuk juga mengembangkan aplikasi Go-Truck untuk mengatasi lamanya waktu muat truk di pelabuhan.

"Sekarang truk-truk dari Riau, Jambi, dan Medan kalau masuk ke Jakarta, dia nunggu lama untuk dapat muatan buat pulang. Makanya, saya lagi minta buat bikin Go-Truck deh," kata Basuki kala itu.

Meski masih terkesan abu-abu, apa yang disampaikan Nadiem bisa dijadikan tanda awal bahwa Go-Jek tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan transportasi lain selain ojek, terlebih dengan adanya permintaan langsung dari Gubernur DKI untuk penyediaan Go-Truck. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa Go-Jek sejauh ini telah berhasil mengekspansi layanannya ke beberapa kota besar seperti Bandung, Bali, dan Surabaya, dan telah menjaring ribuan tukang ojek untuk menjadi armada Go-Jek.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again