1. Startup

GetGlue: Jejaring Sosial Hiburan

Jejaring sosial untuk berbagi hiburan GetGlue memang bukan layanan baru, tapi beberapa minggu belakangan ini gue banyak mendapat notifikasi subscriber baru - kurang lebih seperti follower di Twitter - dan baru nyadar sepertinya DailySocial belum pernah mengulas layanan yang satu ini. Apalagi ditambah dengan beberapa fitur dan app baru mereka untuk iPhone dan Android, sepertinya memang sudah saatnya si lem yang satu ini dilirik serius.

Seperti yang tadi sudah disinggung, layanan ini memang bukan pemain baru - gue ternyata udah daftar sejak November tahun lalu - dan awalnya hanya bernama Glue walau sudah memakai alamat GetGlue.com. Glue versi pertama hanya berupa layanan rekomendasi hiburan. Pengguna bisa memasukkan lagu, artis, film, buku dan lain-lain kesukaan mereka, memberi rating dan mengisi resensi, dan nanti Glue akan memberi rekomendasi hiburan lain yang relevan dengan selera kita.

Untuk menarik minat penggunanya dalam beraktivitas, Glue menggunakan sistem rewarding yang saat ini juga tidak asing lagi yaitu Sticker, yang kurang lebih sama seperti Badge di Foursquare. Setiap kita me-like sebuah topik atau memberi rating atau menulis resensi, kita bisa dapat sticker tadi.

Pada akhir Juni kemarin, aplikasi GetGlue untuk iPhone diluncurkan, yang juga sekaligus memperkenalkan fitur check in. Setiap penggunanya nonton film, denger musik, baca buku, main game, mereka bisa "lapor" dan berbagi ceritanya, dan tentunya bisa dapet sticker.

Fitur ini berbuah dahsyat, hingga menurut ReadWriteWeb GetGlue sudah mendapat 5 juta check in lebih per bulannya. Momentum ini diteruskan dengan meluncurkan aplikasi untuk Android pada pertengahan Agustus kemarin.

Istilah yang dipakai memang agak membingungkan, nonton TV atau baca buku kok "check in" ? Tapi sepertinya memang istilah tersebut diadopsi karena sedang populer di ranah maya berkat jejaring sosial berbasis lokasi.

Secara fungsionalitas dan fitur memang ngga baru, contohnya sudah ada Miso yang sangat mirip tapi hanya fokus di film, dan bejibun aplikasi serupa di Facebook, di antaranya Living Social. Tapi jika di Facebook yang kebayang adalah munculnya berbagai rekomendasi dari orang-orang yang kita kadang ngga peduliin, di GetGlue kita bisa milih untuk hanya subscribe atau follow orang yang seleranya kita pahami.

GetGlue juga cukup agresif dalam menggaet partnership, seperti stasiun TV HBO, studio film Universal, dan toko buku Barnes & Nobles, dan memberikan sticker istimewa bila penggunanya check in ke film atau serial yang dipromosikan. Tentunya ini berdampak positif ke kedua pihak, para pemilik konten mendapat promosi gratis dari orang-orang yang check in dan menyebarkan beritanya, dan GetGlue dapat meningkatkan aktivitas penggunanya  serta menarik minat para penggemar film atau acara tersebut untuk bergabung.

Ada yang sudah ikutan GetGlue dari pembaca DailySocial? Gimana responnya, penting atau cuma seru-seruan sesaat aja? Silakan coba dan tinggalkan komentar ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again