1. Startup

GantiBaju kini sediakan badge serta informasi live ranking bagi desainer

GantiBaju.com menambahkan beberapa fitur untuk layanan mereka. Fitur baru dari GantiBaju.com ini diumumkan tanggal 28 Februari kemarin di blog resmi mereka. Ada dua fitur baru yang diluncurkan, yaitu Badge dan informasi live ranking untuk para desainer.

Dari pengumuman di blog GantiBaju, fitur Badge yang merupakan salah satu fitur yang diminati pengguna mereka telah resmi berjalan dan bisa dinikmati. Beberapa badge yang tersedia antara lain, Top Desainer Badge untuk memberi informasi desainer mana yang paling bagus di GantiBaju.com, kemudian Most Voted Badge yang diperuntukkan bagi desainer yang paling banyak di vote oleh anggota lain serta 500 Comments Badge yang bisa didapatkan para pengguna yang telah memberikan komentar lebih dari 500.

Ketika berkunjung ke situs mereka, saya juga melihat badge yang berhubungan dengan komentar namun bukan untuk 500 komentar tetapi 100, jadi anggota GantiBaju yang telah memberikan komentar sebanyak 100 komentar akan mendapatkan badge ini, kemudian ada pula Gaban PejuangBadge yang diperuntukkan bagi gaban pemenang tema pahlawan nasional.

GantiBaju juga menjelaskan bahwa jumlah badge ini akan terus bertambah, mereka juga mengajak komunitas mereka untuk mengirimkan ide bagde untuk bahan pertimbangan penambahan jenis bagde.

Satu lagi fitur baru yang ditambahkan di layanan GantiBaju adalah Live Ranking, fasilitas ini berguna untuk menjawab pertanyaan siapa desainer paling top di GantiBaju.com. Pengunjung dan pengguna GantiBaju kini bisa melihat peringkat dari para desainer di GantiBaju secara langsung, jadi peringkat ini bisa saja berubah setiap saat.

Dua fitur ini adalah saya pikir adalah penambahan yang cukup baik, terutama yang berhubungan dengan komunitas di GantiBaju (gaban) setidaknya untuk menambah faktor interaksi yang ada di layanan mereka, proses vote adalah salah satu yang utama di layanan GantiBaju, dan kini dengan penambahan komentar, pengguna bisa lebih semangat untuk memberikan komentar atas desain, sudah bisa ditebak, badge ini nantinya akan diintegrasikan dengan hadiah yang semakin bisa menambah interaksi. :D

Namun tentu saja, harus dipertimbangkan untuk menjaga bagaimana caranya agar komentar yang ada tetap bermutu, jangan sampai karena mengejar badge, komentar yang diberikan oleh pengguna menjadi kurang bermutu atau tidak berhubungan secara langsung dengan proses vote desain.

Seperti yang saya sering katakan, komunitas adalah salah satu faktor penting dalam layanan seperti GantiBaju, beberapa hari yang lalu saya sempat hadir sebentar di acara gathering gaban di kantor mereka di Bandung. Perpaduan antara acara offline dan fitur online seperti ini sangat menarik, terutama untuk membina komunitas, kalau di acara offline kemarin saya sempat mendengar ada diskusi antara desainer dengan GantiBaju sendiri yang berhubungan dengan fasilitas GantiBaju, sedangkan di online, badge dan peringkat bagi desainer bisa menambah aktivitas di web mereka secara lebih.

Kini tinggal melihat bagaimana reaksi para pengguna GantiBaju sendiri serta inovasi apa yang akan dijalankan di fitur badge ini, baik dari desain, game mechanics maupun jenis badge, sepertinya cukup menarik juga kalau dalam momen tertentu GantiBaju melombakan desain dari badge, atau mangambil desain kaos sebagai desain bagde.

Oh ya, mengingat tingkat persaingan mulai menghangat di layanan kompetisi desain kaos seperti GantiBaju, dengan hadirnya Fraiday serta layanan yang sudah berjalan Kaosku.com, tentunya akan menarik melihat apa yang akan dilakukan dari masing-masing layanan, baik dari segi penambahan fitur atau dari pengelolaan anggota.

Ralat: Ada beberapa kesalahan ketik, telah diperbaiki tanpa mengubah maksud dan makna tulisan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again