1. Startup

Game Buatan Toge Productions - Infectonator 2, Di-porting Tanpa Izin

Infectonator 2, game produksi Toge Productions, dilaporkan “dicuri” oleh seorang yang tidak bertanggung jawab. Game yang aslinya berbasis flash tersebut, di-porting menjadi aplikasi Android dan diunggah ke Google Play oleh akun bernama Hasan Akyurek.

Selain game Infectonator 2 ini, beberapa game dari pengembang lain yang sepertinya mengalami hal serupa. Di antaranya adalah game Empire, Mafia, Farmer, Farmer Fever (semuanya produksi Good Games Studios) dan game Learn 2 Fly produksi Light Bringer.

Dari beberapa komentar yang ada pada halaman aplikasi game Infectonator 2 di Google Play, mereka menyatakan bahwa porting game ini jelek. Beberapa kali pengguna mencoba membuka aplikasi game ini, tetapi gagal atau hanya terbuka setengah layar. Dari preview yang ditampilkan juga terlihat bahwa ada semacam blank screen hasil potongan di sebelah kanan layar. Para komentator rata-rata tahu tentang versi asli game ini yang berbasis flash.

Melalui posting blog, Toge Productions menyatakan kekecewaan dan kemarahannya atas tindakan Hasan Akyurek ini. Hal ini bisa dimaklumi, karena kerja keras para pengembang game di Toge Productions tidak dihargai dengan adanya pencurian atas hasil karya mereka ini. Selain kerugian material, kerugian immaterial oleh Toge Productions tidak sedikit karena paling tidak nama mereka menjadi sedikit ternoda dengan jeleknya hasil porting game mereka.

Tampaknya setelah melaporkan hal ini pada pihak Google, game dari Toge Productions ini telah ditarik dari daftar game dengan nama akun Hasan Akyurek. Dari akun Facebook Toge Productions pun, pihak Toge Productions mengatakan bahwa Infectonator 2 telah ditarik dari Google Play, pihak Google juga dikatakan bertindak cukup cepat dalam menangani keluhan mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again