1. Startup

Fitur Rekomendasi Disempurnakan dan More Like This Dari Google Reader

Bagi para pemakai Google Reader, mungkin ingat dan sering menggunakan salah satu fitur dari Google Reader yaitu recommendations. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang berguna untuk memudahkan user dalam menambah feeds yang direkomendasikan oleh Google.

Beberapa hari kemarin, fitur rekomendasi ini diperbaharui menjadi lebih personal. Fitur ini berada di dalam fitur/area Explore, sebelumnya area explore ini berisi popular items dan recommended sources, kini popular items diganti menjadi fitur recommended items dan menjadi lebih personal.

Google melalui blognya menjelaskan bahwa mereka telah memperbaiki fitur rekomendasi ini sehingga blog/konten atau feeds yang di rekomendasikan disesuaikan dengan preferensi user masing-masing. Google juga mengatakan bahwa fitur ini sangat berguna bagi mereka yang bacaan feed di Google reader-nya tidak terlalu umum atau unik.

Satu lagi perubahan kecil yang dilakukan Google pada aplikasi Reader-nya adalah related feeds. Fitur ini bisa anda temukan jika anda menggerakkan kursor pada salah satu judul feed, kemudian meng-klik tanda panah kecil di bagian ujung kanan, nantinya akan muncul kotak berisi berbagai keterangan seperti pilihan unsubscribe, dan dibagian bawah, ada teks 'more like this...' jika anda mengarahkan kursor anda pada teks ini maka akan ditampilkan pilihan feeds dengan topik yang sama dari feed yang telah anda subscribe.

Kedua fitur ini berguna untuk mengarahkan feeds yang sesuai untuk masing-masing user, meski seperti yang ditulis TechCrunch, bahwa Google sendiri tidak menjelaskan bagaimana caranya proses Google dalam merekomendasikan feeds di fitur yang baru ini. Namun masih seperti yang ditulis TechCrunch ada kemungkinan proses rekomendasi ini di susun dengan melihat berbagai kegiatan atau rutinitas user seperti membaca perilaku bacaan Google Reader user tersebut.

Satu lagi fitur tambahan yang dimunculkan Google bersamaan dengan dua fitur diatas yaitu Reader juga akan menampilkan fitur 'more like this...' jika anda melihat preview dari sebuah feed, seperti contoh di bawah ini yang saya ambil dari blog Google.

Perubahan 'ringan' ini bagi saya cukup membantu, terutama ketika saya ingin menambah feed baru tanpa harus bingung mencari feed yang sesuai dengan preferensi membaca saya atau yang tema-tema feed-nya satu topik. Bagaimana dengan anda, apakah anda sudah mencoba fitur ini? Jika sudah, mari share pengalaman anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again