• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Fitur Drag-and-Drop Untuk Atur Foto Di Facebook

Fitur Drag-and-Drop Untuk Atur Foto Di Facebook

Posted by
Wiku Baskoro

October 21, 2010

Fitur drag-and-drop foto kini hadir di Facebook. Fitur ini berguna untuk mengatur letak foto yang terdapat pada album foto yang dimiliki oleh pengguna di layanan Facebook.

Fitur drag-and-drop ini melengkapi berbagai fitur dari Facebook yang memberikan fasilitas lebih bagi pengguna yang berhubungan dengan foto antara lain, unggah foto dengan resolusi tinggi serta fasilitas yang berhubungan dengan cara melihat foto, dimana nantinya pengguna akan mudah menjelajah foto yang terdapat pada news feed tanpa berpindah ke halaman baru.

Untuk mengatur foto yang ada di album foto, pengguna bisa mengakses halaman album foto dari akun pengguna, setelah masuk ke halaman album foto nantinya ketika pengguna menggeser tetikus ke bagian atas foto, akan muncul pada bagian ujung kiri foto ikon tanda panah, pengguna bisa langsung menggeser foto untuk mengatur foto mana yang akan muncul pertama pada album tertentu dengan melakukan klik pada foto tertentu, tahan kemudian geser foto itu ke posisi dimana pengguna menginginkannya.

Sedangkan untuk mengubah urutan kumpulan foto pada album foto, pengguna harus masuk ke salah satu album foto, kemudian memilih menu ‘view photos’, baru kemudian bisa mengatur letak album mana yang akan tampil lebih dahulu jika pengguna lain melihat album foto tersebut.

Namun, seperti yang dituliskan oleh InsideFacebook, untuk mengubah salah satu foto menjadi kaver album, pengguna tetap harus masuk ke menu ‘edit foto album’ kemudian klik menu ‘edit photos’ dan memilih untuk menjadikan foto tersebut sebagai kaver album foto, selain itu jika ada album foto yang memiliki foto baru, maka foto baru ini tetap akan menjadi foto yang terletak pada urutan pertama pada album tersebut.

Penambahan fasilitas pada fitur foto di Facebook merupakan salah satu fasilitas yang paling banyak diminta oleh pengguna, tidak heran karena Facebook telah menjadi salah satu tempat mengungah foto paling populer, dan beberapa fasilitas tambahan yang dilakukan Facebook membuat proses unggah dan atur foto di Facebook semakin nyaman dan kaya fitur, dan Facebook tidak hanya memperluas ‘cengkeramannya’ dengan menyebarkan layanan mereka ke dunia internet, salah satunya dengan fasilitas ‘Like’ yang kini semakin tersebar di berbagai situs, namun juga mengembangkan dan memperbaiki layanan yang ada di situs mereka sendiri.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×