1. Startup

Fitur Baru Seesmic Web

Awalnya tulisan ini ingin dihadirkan tepat ketika Seesmic mengumumkan perubahan pada aplikasi web app untuk streamreader mereka, tapi beberapa kali login tidak berhasil, membuat saya urung untuk menulisnya.

Kini saya sudah mencoba Seesmic web versi baru dan saya ingin men-share pengalaman saya menggunakannya pada para pembaca DailySocial.

Fitur Contacts + Twitter list drag n drop

Ada tab baru di bagian atas Seesmic web yaitu tab contacts, fitur ini memudahkan anda untuk mengatur list yang ada di akun Twitter anda. Daftar list yang telah anda susun telah terintegrasikan ke fitur ini, anda juga bisa menyusun daftar list baru.

Untuk mengatur list, misalnya memindahkan user tertentu atau menambahkan user dalam list yang ada buat, tinggal drag n drop ikon user yang ingin dipindahkan. Jika anda menaruh kursor diatas akun itu maka akan ada tanda panah sebagai petunjuk untuk fitur drag.

Mr Tweet

Fitur ini memungkinkan kita melihat data atau imformasi tambahan tentang user tertentu yang berisi data rata-rata tweet user tersebut serta beberapa info lain seperti most contacted user serta keterangan tentang jenis tweet yang di post user itu

Retweet button dari TweetMeme

Jika ada tweet berupa link, ada tambahan ikon di sebelahnya berupa tanda panah, jika anda mengklik tanda panah ini maka akan muncul pop up kotak yang berisi keterangan singkat tentang link tersebut serta fitur untuk melakukan retweet yang disediakan oleh TweetMeme. Yang menarik, karena fitur ini di sediakan oleh TweetMeme, kita bisa melihat data jumlah retweet yang telah dilakukan user lain atas link ini.

In reply to

Jika anda pengguna HootSuite, anda pasti ingat fitur conversation yang memudahkan user untuk melihat percakapan yang telah terjadi antara satu user dengan user lain di time line. Fitur in reply to dari Seesmic ini mirip seperti itu. Jika anda melakukan percapakan reply maka di setiap tweet akan ada kalimat in reply to yang bisa diklik untuk memunculkan pop up berisi daftar percakapan yang telah dilakukan.

Saya sendiri adalah pengguna HootSuite jadi saya sedikit membandingkan beberapa perkembangan yang dilakukan Seesmic ini dengan beberapa fitur baru yang sebelumnya di keluarkan HootSuite.

Secara keseluruhan saya memang masih memilih HootSuite, karena kelebihannya dari fitur yang mereka namakan Barn Qwl, seperti save draft tweet, grafik untuk shorter url, serta fitur lama yang menjadi favorit saya yaitu menjadwalkan tweet. Fitur drag  n drop untuk menyusun list juga telah tersedia di HootSuite.

Tapi, harus saya akui UI Seesmic memang lebih tidak membosankan dari HootSuite yang terkesan flat. Misalnya jika ada timeline baru yang masuk ke akun Twitter anda, UI nya akan menunjukkan warna yang lebih tebal, setelah itu memudar, selain itu ada fasilitas reply all yang mengingatkan saya akan aplikasi Tuitwit yang merupakan fitur yang memudahkan jika anda harus reply tweet ke beberapa akun sekaligus berdasarkan tweet tertentu.

Bagaimana dengan pendapat anda? Apakah anda pengguna Seesmic atau pengguna HootSuite? Dan apakah penambahan fitur dari Seesmic akan membuat pengguna Seesmic bisa bertambah? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again