Berita 

Firefox dan Twitter App untuk Android

Firefox dan Twitter App untuk Android

Posted by
Wiku Baskoro

May 3, 2010

Perkembangan berbagai berita di sekitar ponsel berbasis Android selalu membuat saya tertarik, bukan hanya karena ada ‘bayangan’ Google dibelakangnya, tetapi juga karena perkembangan berbagai aplikasi yang dikembangkan berdasarkan OS tersebut serta berbagai info disekitar ekosistem Android akan selalu berhubungan dengan para pesaing mereka, seperti iPhone dan BlackBerry.

Beberapa perkembangan yang terjadi di sekitar Android yang menarik untuk diperhatikan adalah Twitter for Android serta Firefox pre-alpha untuk Android.

Twitter untuk Android

Twitter memang sibuk untuk mengurus aplikasi mereka di versi mobile, setelah dua ponsel ‘ngetrend’ mempunyai aplikasi mobile mereka, iPhone serta BlackBerry, kini giliran untuk para pengguna Android, Twitter meluncurkan aplikasi resmi mereka untuk Android.

Salah satu alasan yang memang menjadi alasan banyak aplikasi meluncurkan mobile version adalah pertumbuhannya yang sangat signifikan, termasuk penggunaan social media untuk membantu penyebaran interest user seperti foto, teks, video, lokasi serta berbagai hal yang ada dilingkungan sehari-hari mereka.

Dari pengumuman resmi mereka, berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Twitter untuk Android:

Twitter for Android is a fantastic application to use, and sharing any link or photo is super simple too –just look for the share button in your favorite application and choose Twitter.

Reading tweets is easy in a bunch of places on your phone. Quickly access your timeline with the home screen widget, view a tweet location on a map, and see your friend’s latest tweet in your phonebook, GoogleTalk list or any application that uses Android’s QuickContact bar.

Meski hanya bisa digunakan di ponsel berbasis Android 2.1 keatas, namun Twitter menjelaskan bahwa ini baru tahap awal, masih banyak perkembangan yang akan mereka luncurkan termasik berbagai perkembangan dari API mereka serta bagaimana para developer akan merespons API ini.

Untuk mencobanya bisa cek link ini, atau klik http://mobile.twitter.com dari ponsel.



Firefox untuk Android

Sejak peluncuran Firefox mobile untuk Nokia, Firefox memang ‘berjanji’ untuk mengembangkan browser mereka untuk ponsel lain, yaitu yang berbasis Android, dan kini versi pre-alpha sudah bisa dicoba bagi mereka para early adopters.

Fennec, nama Firefox untuk mobile device ini memang masih dalam tahap pre-alpha dan menyimpan banyak ketidaksempurnaan, salah seorang developer Mozzila, Vladimir Vuki  evi, dalam blognya menuliskan bahwa Fennec versi pre-alpha ini masih menyimpan bug yang bisa membuat ponsel harus di reboot, lalu user tidak bisa membuka link yang berasa dari aplikasi lain menggunakan Fennec. Pada intinya, sesuai versinya, Fennec versi Andrioid ini masih sangat jauh dari sempurna.

Tetapi versi ini telah bisa digunakan untuk publik serta sudan memungkinkan untuk melihat feedback dari para user dan early adopters sebagai bahan dalam pengembangan selanjutnya, selain itu Firefox untuk Android ini juga memungkinkan user untuk mencoba experimental version dari Weave, sebuah fitur yang memungkinkan user untuk melakukan sinkronisasi dari berbagai device yang menggunakan Firefox, sama seperti Weave versi desktop.

Untuk mencoba bisa klik link ini dari ponsel bit.ly/fennec-android dan untuk pengumuman lengkap ada di link ini.

Disamping perkembangan lain, dua perkembangan yang bersinggungan dengan Android ini setidaknya bisa membuat persaingan di dunia ponsel pintar semakin seru, meski untuk mengejar iPhone memang perlu usaha yang terus menerus belum lagi BlackBerry yang juga kini menjadi trendsetter, sedangkan Nokia yang notabene adalah penguasa pasar ponsel, untuk Ovi Store, mereka masih agak kurang bagus, setidaknya dari pengalaman saya melakukan download masih tidak nyaman dengan ketidaklancaran dan kurang praktisnya proses Download, sebuah pekerjaan rumah yang harus diperbaiki karena app store adalah tentang download.

Bagaimana dengan pendapat anda, apakah dua aplikasi yang bisa dinikmati oleh pengguna Android ini (meski satu masih dalam taraf pre-alpha) bisa menaikan popularitas dan menambah user mereka? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Screenshot Twitter untuk Android dari Twitter, Firefox untuk Android dari blog Vladimir Vuki  evi.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×