1. Startup

Facebook Perkenalkan Star Rating Untuk Penilaian Lebih Mendetil

Facebook kembali lakukan pembaruan. Kali ini, Facebook dikabarkan akan menambahkan fitur terbaru yang disebut dengan “Star Rating” pada versi desktop dan mobile. Ya betul, fitur ini mungkin sering Anda lihat di situs-situs rekomendasi dan review, namun sekarang, fitur ini juga hadir di setiap laman pengguna Facebook. Seperti apa fungsi dan kegunaannya?

Kami kutip dari laman pemberitaan TechCrunch (7/11), fitur Star Rating ini akan ditampilkan pada bagian atas dari setiap laman pengguna yang “diberikan” fitur tersebut, letaknya persis di bawah username. Tentu seperti yang mungkin sudah diketahui, pemberian nilai rating ini berbentuk bintang yang memiliki skala dari nol hingga lima sebagai rating tertinggi. Fitur menarik ini tak dapat digunakan oleh pengguna secara bebas, setidaknya bagi Anda yang telah mendaftar untuk membuat laman grup, bisnis, lokasi, atau akun-akun verified tertentu lainnya, fitur Start Rating dapat terpampang dengan jelas di akun Facebook Anda.

Tentu mungkin sebagian dari pengguna masih bertanya-tanya akan kegunaan dan fungsi dari fitur terbaru Facebook ini. Salah seorang juru bicara Facebook sempat menjelaskan fungsi dan kegunaan dari fitur Star Rating. "Kami menambahkan fitur Star Rating pada Facebook di perangkat mobile dan desktop untuk mempermudah pengguna mengetahui laman bisnis dan grup yang bagus di sekitar mereka dengan. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi pemilik bisnis dan konsumen,” ujarnya sesuai dengan pemberitaan TechCrunch.

Juru bicara Facebook tersebut juga menambahkan, fitur Star Rating ini juga akan memberi kegunaan lain baik itu dari segi konsumen maupun pelaku bisnis. “Star Rating akan mendorong lebih banyak orang (konsumen) untuk menilai sebuah entitas agar dapat tampil dengan layak di laman news feed, dan juga dapat memberi informasi bagi siapa saja untuk menemukan pelaku bisnis (brand, dll)  yang mereka tidak ketahui sebelumnya. Jadi bagi pelaku bisnis sendiri fitur ini juga dapat meningkatkan brand awareness yang cukup besar,” tambahnya.

Fitur Star Rating ini sebenarnya mungkin agak terdengar mirip dengan fitur “Like” yang sudah tentu dikenal sebagai salah satu ciri khas jejaring sosial ini. Fitur Like pun sebenarnya juga dapat digunakan pengguna sebagai tolok ukur penilaian suatu komentar, foto, atau konten apa pun yang ditampilkan dalam laman Facebook. Namun, tampaknya Facebook terlihat ingin lebih menyempurnakan lagi fitur penilaian tersebut dengan menghadirkan fitur Star Rating ini.

Seperti yang mungkin sudah diketahui, banyak dari pengguna yang yang menganggap fitur Like sebagai sarana untuk mengungkapkan tanda suka terhadap setiap konten berbagi yang dihadirkan, namun padahal sejatinya fitur Like lebih pas jika digunakan sebagai penyampaian tanda simpati, dukungan, dan lain sebagainya. Mungkin saja Facebook menyadari “kesalahpahaman” tersebut, maka dari itu dengan dikembangkannya fitur Star Rating ini, Facebook mengharapkan pengguna akan lebih mudah memberi penilaian dan mencerna informasi dari setiap laman yang dikunjunginya.

Selain itu, maksud dan tujuan lain Facebook dengan fitur Star Rating ini adalah nantinya akan membawa pengguna untuk jauh lebih obyektif dalam memberikan penilaian agar hasil yang dimiliki jauh lebih optimal dan akurat sesuai dengan kondisi sebenarnya, karena tentu dengan rating, pengguna akan jauh lebih menimbang dalam memberikan penilaian dibanding dengan fitur Like yang hanya dengan sekali klik maka otomatis Anda akan dianggap “sangat menyukai” laman tersebut.

Hingga saat ini, fitur Star Rating belum secara resmi diluncurkan. Beberapa waktu lalu Facebook nyatanya telah mengujicobakan fitur ini kepada beberapa laman grup. Ujicoba ini tentu bertujuan untuk mengumpulkan data-data penunjang untuk rencana peluncuran fitur Star Rating ini. Namun, kembali seperti yang kami kutip dari laman TechCrunch, jika fitur ini secara resmi telah diluncurkan maka Facebook dianggap akan menyaingi jejaring sosial lainnya yang telah memiliki fitur yang hampir serupa seperti Foursquare dan juga AngelList.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again