Berita 

Facebook: Kantor Baru, Situs Nomor Satu, Mendorong Pembelian User dan Selanjutnya?

Facebook: Kantor Baru, Situs Nomor Satu, Mendorong Pembelian User dan Selanjutnya?

Posted by
Wiku Baskoro

March 18, 2010

Diskusi tentang perkembangan seputar Facebook memang selalu menarik, seperti juga tulisan DailySocial beberapa hari yang lalu yang bisa dilihat di sini. Perkembangan tentang Facebook kini dilanjutkan dengan pendirian kantor baru mereka di India, serta beberapa hasil penelitian tentang Facebook.

Hari Senin kemarin Facebook mengumumkan akan membangun kantor baru di India, tepatnya di Hyderabad setelah sebelumnya Facebook mengumumkan kantor baru mereka di New Austin, Texas.

Tujuannya jelas, untuk menjangkau dengan semakin baik para user Facebook yang tersebar di luar US. Seperti juga yang ditulis di rilis resmi mereka, pengguna  Facebook terus mengalami pertumbuhan, dan 70% user berada di luar US dan Facebook sendiri kini melayani user dengan 70 bahasa berbeda. Dan India sendiri kini memiliki 8 juta pengguna yang terkoneksi di Facebook dengan relasi mereka, baik dengan relasi mereka di India atau di seluruh dunia.

Selain itu, pendirian kantor di Asia ini juga membuka peluang bagi para pekerja atau karyawan baru yang akan membantu kegiatan sales dan operasi mereka.

Mengapa Facebook tidak membuka kantor di Indonesia, padahal user Facebook di sini juga sangat banyak bahkan berada di posisi ke 3 dari seluruh pengguna Facebook di seluruh dunia? Itu pertanyaan yang ada di pikiran saya, tapi bisa jadi infrastruktur adalah yang paling utama yang bisa jadi alasan selain tingkat literasi internet juga yang mungkin berpengaruh, kita tau banyak start up serta perkembangan teknologi dan tenaga kerja berbasis internet sangat berkembang di India.

Tapi, semoga saja kantor mereka di Asia ini akan berimbas positif bagi berkembangan dunia internet di Indonesia, terutama pada perkembangan pengembangan aplikasi berbasis Facebook serta berbagai kegiatan seperti bisnis atau pun social media bagi perusahaan dan pemilik brand di Facebook.

Selain itu, ada dua berita seputar Facebook yang berhubungan dengan penelitian yang memberikan data tentang Facebook yang menjadi situs tunggal nomor satu yang paling sering dikunjungi di US. Seperti yang ditulis The Next Web, data yang dirilis oleh Hitwise ini menyebutkan bahwa persentase kujungan dari seluruh US ke Facebook sebesar 7,07% sedangkan Google sebesar 7,03%. Dan menurut TechCrunch posisi ketiga di tempati oleh Yahoo! Mail, keempat Yahoo! dan kelima YouTube.

Yup, Facebook mengalahkan Google! Meski data ini merujuk pada data kunjungan single site, yang artinya kalau data kunjungan Google di gabungkan dengan YouTube misalnya, tentu saja Google masih menang, tapi jika data dilihat secara terpisah maka Facebook berada di urutan pertama.

Selain itu ada juga hasil penelitan yang dimuat oleh eMarketer yang menjelaskan bahwa Facebook telah memberikan pengaruh pada pola perilaku pembelian user yang memberikan sinyal positif pada penggunaan social media untuk kalangan bisnis dan pemilik brand. Menurut hasil data ini sebanyak 19% dari user yang mengikuti brand tertentu di Facebook akan melakukan pembelian atas produk dari banyak brand dan sebanyak 32% akan melakukan pembelian untuk brand tertentu, serta 19% dari user akan merekomendasikan banyak brand pada teman mereka dan sebanyak 41% akan merekomendasikan brand tertentu pada teman mereka.

Keduanya memang menampilkan data yang diambil dari user di US, tapi setidaknya ini bisa jadi insight bagi para internet savvy dan palaku bisnis internet lokal untuk melihat trend user di negara maju yang nantinya bisa  mengkombinasikan dengan behaviour di tingkat lokal  untuk eksekusi program social media, juga bisa berguna sebagai data bagi para startup lokal dalam membaca trend user Facebook.

Anda bisa melihat grafik dari Hitwise via TechCrunch di sini, lalu data dari eMarketer di sini, tau jika anda tertarik untuk melamar pekerjaan di Facebook dan melihat detail job cariers, anda bisa melihatnya di link ini.

So, setelah ini ada apa lagi nih Facebook?

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×