1. Startup

Facebook Ijinkan Pengguna Customize Tampilan

Setelah lagi-lagi menuai gelombang protes dari para penggunanya, sekarang Facebook sudah mulai melunak dan merilis beberapa updates berkenaan dengan design tampilannya yang baru itu. Mark Zuckerberg (CEO) menyatakan kepada karyawan bahwa Facebook akan mendengarkan para penggunanya, padahal karyawan Facebook saja juga ada yang ikut protes melawan design terbaru ini.

Melalui sebuah posting di blog, Facebook menjabarkan mengenai proses design dan menggambarkan bagaimana mereka akhirnya memutuskan untuk menggunakan design yang sekarang diprotes banyak pihak. Dan pada akhirnya Facebook-pun menyerah kepada permintaan user dan menyesuaikan pada customization design yang sekarang agar lebih fleksibel.

Meskipun begitu, tidak semua orang senang dengan keputusan Facebook ini. Michael Arrington misalnya, mengganggap bahwa Facebook seharusnya lebih otoriter dan tidak menyerah begitu saja kepada pengguna, analogi Apple yang dipaparkan-pun sangat masuk akal.

Saya yakin Facebook sedang kelimpungan menghadapi arus perlawanan yang terpecah jadi pro dan kontra, namun itulah salah satu resiko (dan indikator) Facebook sebagai layanan yang sudah merasuk ke jiwa para penggunanya, dan tentu saja sebagian pengguna memang belum siap berubah.

Pendapat saya pribadi? Saya lebih kontra ke revert-design, setuju dengan Mike Arrington bahwa Facebook seharusnya bisa lebih tegas kepada pengguna namun bukan dengan mengabaikan suara pengguna. Setidaknya teliti dulu dengan seksama resiko yang mungkin terjadi sebelum melakukan sesuatu yang signifikan terhadap pengguna, karena pengguna adalah raja namun Facebook-lah kerajaannya. Agak disayangkan jika para ahli design dan usability di Facebook yang sudah brainstorming cukup lama untuk menghasilkan design yang terbaik untuk penggun, namun harus gugur hanya karena pengguna yang "belum mengerti" maksud dari design terbaru tersebut.

Bagaimana dengan anda? Apakah menurut anda Facebook harus tegas atau menyerah kepada pengguna?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again