1. Startup

Facebook App Center Telah Bisa Diakses di Indonesia, Saatnya Pengembang Indonesia Melirik Facebook

Anda yang saat ini mengeluh dengan banyaknya permintaan aplikasi Perjuangan Semut atau Cityville pada akun Facebook Anda, bisa saja mendapati keadaan lebih buruk dalam beberapa pekan mendatang. Pasalnya, mulai kemarin, App Center Facebook mulai dapat diakses di seluruh negara pengguna Facebook, termasuk Indonesia.

App Center (atau dalam istilah bahasa Indonesia oleh Facebook menjadi Pusat Aplikasi) merupakan marketplace aplikasi seperti Google Play atau iTunes. Hanya saja, App Center Facebook ini tidak dibatasi oleh platform tertentu. Asalkan aplikasi tersebut menggunakan fitur Facebook, walaupun hanya untuk login pengguna, aplikasi tersebut dapat tampil di App Center. App Center ini juga akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang berjalan pada platform Facebook baik web maupun mobile.

Adanya App Center ini akan membuat pengguna Facebook lebih mudah untuk menemukan aplikasi Facebook menarik yang bisa digunakan dan aplikasi yang sedang populer yang digunakan oleh teman-temannya. Dengan fungsi utama Facebook sebagai sosial media, pengguna akan lebih mudah dalam membagikan aplikasi yang sedang dipakai dan mengajak pengguna lain ikut menggunakan aplikasi tersebut.

Bagi pengembang, seperti yang pernah dituliskan oleh Amir saat pertama kali peluncuran App Center untuk Facebook di wilayah Amerika, adanya App Center membawa perkembangan bagi aplikasi yang berjalan di Facebook terutama untuk mobile. Ini merupakan kesempatan bagi pengembang untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat berjalan di berbagai platform dengan menggunakan platform Facebook. Selain memperoleh keuntungan berupa cukup satu kali pengembangan untuk aplikasi yang dapat berjalan di semua platform, mengembangkan aplikasi untuk Facebook juga mempermudah promosi karena dapat secara langsung memanfaatkan jaringan teman pengguna aplikasi tersebut di Facebook.

Sebagai negara pengguna Facebook terbesar keempat di dunia, tentu saja pasar untuk aplikasi Facebook di Indonesia sangat besar. Pengembang dari luar negeri sepert CyberAgent pun memutuskan hijrah ke Indonesia dengan alasan besarnya pengguna dari Indonesia. Karenanya, potensi ini sayang kalau dilewatkan oleh pengembang asal Indonesia sendiri.

Dalam beberapa bulan mendatang, bisa saja notifikasi Facebook Anda akan penuh dengan permintaan aplikasi. Tetapi jika itu datang dari aplikasi-aplikasi atau game buatan Indonesia yang cantik, rasanya hal itu tidak akan terlalu mengganggu.

Atau mungkin sudah ada aplikasi Facebook buatan pengembang Indonesia yang saat ini sedang tren namun terlewat oleh kami? Anda bisa berikan informasi kepada kami jika mengetahuinya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again