Interview  Video 

Enlight Games Studio – Waroeng Ekspres, Juara Dua Chip-Nokia Mobile Game Developer War (Video)

Enlight Games Studio – Waroeng Ekspres, Juara Dua Chip-Nokia Mobile Game Developer War (Video)

Posted by
Wiku Baskoro

June 6, 2011

Pada presentasi di acara final Chip-Nokia Mobile Game Developer War, hari Sabtu kemarin, salah satu penjelasan dari tim Enlight Games Studio dengan mobile game mereka Waroeng Ekspres menarik perhatian saya, versi gratis dan berbahasa Inggris dari permainan mereka mencapai angka unduhan tertinggi selama satu hari sebesar 800 unduhan.

Di bawah nama studio game AksaraGames (Aksara Studio) yang merupakan nama baru dari studio pengembangan game mereka sejak bulan April 2011, Waroeng Ekspres telah tersedia di Ovi Store setidaknya sejak 20 Mei 2001 lalu. Enlight Games Studio merupakan pengembang game dari Surabaya yang ikut serta di rangkaian acara Mobile Game Developer War – Jogja, mereka menjadi 3 besar pemenang di Jogja dan masuk tahap final di Jakarta dan akhirnya menjadi juara II dan mendapatkan hadiah sebesar 20 juta rupiah.

Pada event final Mobile Game Developer war ini mereka mempresentasikan permainan Waroeng Ekspres – Jawa yang merupakan edisi selanjutnya dari Waroeng Ekspres. Jika pada versi pertama permainan berfokus pada satu daerah saja, maka Waroeng Ekspres – Jawa memberikan tantangan baru untuk para penggunanya dengan pengembangan game play, yaitu membuka cabang warung makan di seluruh pulau Jawa.

Saat ini aplikasi permainan mereka yang tersedia di Ovi Store adalah Waroeng Ekspres (versi satu) dengan versi berbayar dan versi gratis dengan perbedaan dari jumlah tingkatan level permainan, bisa digunakan di Nokia S40 dan S60. Jeffrey Hermanto H. dan Alexander Rahardjo (dua dari tiga anggota tim Enlight Studio) menjelaskan bahwa aplikasi permainan mereka juga telah tersedia untuk versi bahasa Inggris dan Indonesia.

Pengguna yang mengunduh permainan mereka (versi gratis) juga tidak hanya sebatas dari Indonesia, bahkan pada jumlah unduhan tertinggi dalam satu hari, untuk versi bahasa Inggris (800 unduhan) negara yang mengunduh paling banyak adalah India dan Vietnam. Kini total jumlah unduhan (baik dari versi Inggris dan Indonesia) Waroeng Ekspres telah mencapai lebih dari 1.000 termasuk pengguna dari Indonesia.

Waroeng Ekspres juga menjadi satu-satunya aplikasi permainan peserta Mobile Game Developer War yang saat ini telah tersedia di Ovi Store. Menjadi menarik karena, pengembangan dan rilis yang cukup singkat, setidaknya setelah acara Mobile Game Developer War di Jogja pertengahan April lalu, selain itu dengan elemen permainan budaya Indonesia, permainan ini menarik pengguna yang tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi wilayah Asia lainnya.

Mereka juga telah memiliki permain lain yang telah tersedia di Ovi Store yaitu Petualangan Aksara di Jawa, yang telah diunduh (secara total) sekitar 800 kali, versi global (bahasa Inggris) juga telah dipersiapkan namun belum dirilis. Petualangan Aksara di Jawa tersedia versi gratis dan berbayar.

Berikut wawancara singkat dengan Jeffrey dan Alexander tentang Waroeng Ekspres dan studio game mereka. Mohon maaf jika kualitas suara kurang bagus.

Disclosure: DailySocial adalah media partner dari acara CHIP-Nokia Mobile Game developer War.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×