1. Startup

Elevenia Miliki Dua Juta Produk Terdaftar Dalam Waktu Empat Bulan

Empat bulan setelah peluncurannya, marketplaceElevenia berhasil mendaftarkan dua juta produk yang diperoleh dari sepuluh dua belas ribu penjual. Dengan lebih dari 2200 konsumen terdaftar 4,6 juta kunjungan unik tiap bulannya,  perusahaan e-commerce hasil kerja sama XL Axiata dan SK Planet Korea Selatan ini mengungkapkan hasil penjualan saat ini menggembirakan dan tingkat konversi penjualannya di atas rata-rata pasar, meski tidak menyebutkan nominal.

Di sela-sela acara berbuka puasa yang diadakan oleh Elevenia dan perwakilan media, VP Divisi Pemasaran PT XL Planet Madeleine Ong de Guzman bercerita tentang pertumbuhan Elevenia sejauh ini yang melebihi target. Disebutkan bahwa sejauh ini konsumen Elevenia masih terkonsentrasi di kawasan Jabodetabek dengan segmen gadget (smartphone) masih menjadi primadona. "Tongsis" pun menjadi produk populer yang digemari oleh konsumennya.

Terkait sistem pembayaran, Madeleine mengungkapkan 60% transaksi masih dilakukan melalui transfer bank/antarbank. Elevenia sendiri telah menggandeng Telkomsel dan Indosat untuk mengakomodasi produk mobile money T-Cash dan Dompetku, selain produk XL Tunai yang digalakkan oleh induk perusahaannya.

Sementara itu menjawab soal prosedur pengembalian barang dan dana, pihak Elevenia menegaskan bahwa sebagai pelaksana layanan escrow, setiap ketidakpuasan terhadap produk yang dijual oleh merchant bisa langsung diinformasikan kepada pihak penjual (dan juga Elevenia). Ketidakpuasan ini juga berakibat ditahannya dana hasil penjualan untuk merchant.

Urusan layanan pelanggan ini memang masih menjadi pekerjaan rumah, baik bagi perusahaan e-commerce bernama besar sekalipun, dan tentunya mereka terus berusaha memberikan yang terbaik untuk pelanggan.

Tak cuma untuk pelanggan, Elevenia sendiri juga memanjakan penjual dengan mendirikan tiga seller zone di Jakarta, yang bertempat di Plaza 89, Mangga Dua Mall dan Tanah Abang Blok B. Selain untuk membuktikan bahwa penjual barang-barang yang dijual di Elevenia terpercaya, penjual juga bisa memanfaatkan seller zone untuk sesi fotografi produk-produk yang akan dijual di Elevenia dan memperoleh pelatihan tentang berjualan secara online.

Meskipun demikian, sejauh ini Elevenia belum mengakomodasi kemungkinan penjualan produk-produk lokal ke pasar regional, seperti target awal. Saya pikir mereka setidaknya ingin memperkuat pasar lokal dan mengevaluasi setidaknya setelah satu tahun tentang positioning Elevenia dibanding pesaingnya. Di saat peluncurannya Maret lalu, CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi sempat menyebutkan jika sukses produk-produk UKM yang dijual di Elevenia bakal dibawa “go regional” dengan penerapan e-commerce serupa di semua operator seantero Asia yang berada di bawah naungan Axiata Group.

Update: telah dilakukan update terhadap jumlah penjual dan kunjungan unik di Elevenia

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again