1. Startup

Aplikasi Belajar Bahasa Asing Duolingo Masuki Pasar Indonesia

Aplikasi platform interaktif pembelajaran bahasa asing Duolingo kini secara resmi telah tersedia untuk pasar Indonesia. Dibarengi dengan kehadirannya di sejumlah negara lainnya di wilayah Asia, aplikasi Duolingo tak hanya menawarkan pembelajaran bahasa Inggris saja, namun juga beberapa bahasa lainnya termasuk bahasa Indonesia.

Seperti yang diberitakan oleh situs The Next Web (17/7), setelah sukses melakukan uji coba pasar di Jepang dan Tiongkok pada beberapa waktu lalu, startup yang berdiri pada tahun 2011 ini rupanya cukup serius dalam melakukan ekspansi pasar di wilayah Asia. Memang kawasan ini membutuhkan fasilitas pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Inggris, yang menyenangkan. Hal ini dibuktikannya dengan pelebaran sayap bisnisnya yang kini mencapai di beberapa negara Asia Pasifik, seperti: Korea, Vietnam, Taiwan, Hong Kong, dan Indonesia.

Demi memuluskan langkahnya, Duolingo juga diketahui telah melakukan lokalisasi konten dalam layanannya. Jika sebelumnya layanan Duolingo hanya fokus dalam pembelajaran bahasa Inggris (dan beberapa bahasa Eropa lainnya) yang diperuntukkan bagi penutur bahasa, Duolingo kini juga menyediakan sejumlah bahasa negara-negara Asia seperti Bahasa Indonesia, Thailand, Vietnam, Mandarin, dan Jepang. Melalui strateginya tersebut, Duolingo ingin menarik jutaan pengguna di Asia untuk bergabung dengan 30 juta pengguna Duolingo lainnya di seluruh dunia.

Duolingo merupakan sebuah platform yang unik. Di satu sisi startup yang didanai oleh aktor Ashton Kutcher ini menyediakan fasilitas pembelajaran bahasa asing yang dihadirkan secara interaktif dengan model kuis sebagai latihan pembelajarannya, Di sisi lain, Duolingo juga bisa menjadi platform permainan pengisi waktu luang. Pengguna bisa memainkan kuis tebak arti bahasa asing yang ditampilkan dengan apik layaknya sebuah permainan dengan tingkatan-tingkatan yang harus dilewati. Untuk menambah keseruan, setiap kuis yang dimainkan pengguna diberi bekal “nyawa” yang akan berkurang satu setiap kali salah menjawab.

Tak hanya itu, platform Duolingo juga bisa dimanfaatkan sebagai lembaga kursus bahasa yang menyediakan sertifikasi bagi pelajarnya. Seperti yang kembali dilansir oleh The Next Web, pada bulan April lalu Duolingo juga memiliki tes standarisasi bahasa untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris yang diklaim bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti melamar pekerjaan.

Walau tak menarik biaya berlangganan dan semacanya, layanan yang disebut dengan Duolingo Test Centerini merupakan salah satu model bisnis yang diusung Duolingo dengan menerapkan biaya tes sebesar $ 20. Duolingo juga memiliki in app purchase yang menjual berbagai item agar dapat menambah pengalaman pengguna dalam belajar bahasa asing secara interaktif.

Kehadiran Duolingo menambah satu lagi penyedia fasilitas pembelajaran bahasa asing secara online dan interaktif di Indonesia. Segmen ini sebelumnya sempat dirambah oleh salah satu startup lokal bernama Squline. Meski belum begitu jelas apakah platform pembelajaran bahasa asing semacam ini apakah benar diminati oleh pasar Indonesia, fitur unik yang ditawarkan Duolingo bakal memudahkan pengguna untuk belajar bahasa baru dengan menyenangkan.

Untuk mencoba Duolingo, Anda bisa coba mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again