1. Startup

Dua Aplikasi Foto Yang Ciamik

Penyedia jasa online photo sharing dan backup foto memang sudah cukup banyak, sebut saja Flickr, Picasa, Photobucket dan salah satu yang pernah dibahas DailySocial, Photoswarm. Masing-masing dengan keunggulan dan fitur-fitur andalan mereka masing-masing.

Tapi ada dua aplikasi foto yang bagi saya cukup berbeda, yang satu mempunyai UI keren, menurut saya, yang bukan pengguna Apple, aplikasi ini 'so Apple minded' dan yang satu lagi merupakan aplikasi drag n drop photo sharing.

Aplikasi pertama DPhoto memungkinkan anda meng-upload foto dan video, mengaturnya dalam album serta menambah keterangan dari file yang di upload. Hampir mirip dengan beberapa aplikasi yang sudah ada di internet. Satu hal yang paling menonjol memang UI yang tampak bersih, polos dan berfokus pada foto.

Beberapa kelebihan lain antara lain penampilan foto tanpa iklan, backup file yang aman dari file foto atau video yang di upload, serta tampilan slideshow fullscreen yang memungkinan user yang melihat album anda menikmati penuh foto yang ditampilkan di akun anda.

Proses upload foto juga cukup mudah, terdiri dari 3 kolom, anda bisa mengatur nama album, lalu menambahkan foto dan memperlengkap keterangan foto termasuk judul dan deskripsi foto, semuanya dilakukan tetap dengan UI yang very clean, polos tapi elegan.

Tersedia juga akun berbayar yang memungkinkan anda mendapatkan berbagai fitur yang disediakan dengan harga mulai dari $30 - $90. Jika anda penasaran bisa mencobanya dengan akun versi trial di sini atau melihat contoh gallery di sini.

Dan aplikasi satu lagi yaitu Dropico. Jika anda seperti saya, punya akun di Flickr, Picasa, Facebook, TwitPic, serta berbagai socal network lain, dan gemar meng-upload foto dan ingin memindahkan foto dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, misalnya Flickr ke TwitPic untuk disebarkan ke twitterverse, bisa jadi aplikasi ini untuk anda.

Dropico memungkinkan user untuk melakukan drag n drop untuk men-share foto dari koleksi mereka yang telah ada di aplikasi foto lain. Misalnya saya punya album foto di Flickr dan ingin share album foto tersebut ke teman-teman saya di Facebook, cukup sign-in ke Dropico, lalu klik ikon Flickr, ikuti petunjuk aktivasi akun Flickr, lalu klik ikon Facebook dan ikuti juga petunjuk aktivasi akun Facebook, dan drag foto yang anda inginkan dari kolom Flickr ke kolom Facebook, voila! Foto anda sudah bisa dinikmati di Facebook.

Anda juga bisa mengatur album, memasukkan pada album yang sudah ada atau membuat album baru, Dropico juga menyediakan aplikasi edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr. Caranya, di tumbnail foto, arahkan kursor anda ke atasnya nanti akan muncul beberapa keterangan seperti view, more, del termasuk edit. Klik edit maka akan muncul pop up baru untuk fitur edit.

Dropico belum menyediakan fasilitas back up foto, tapi ke depannya Dropico berencana untuk meluncurkan juga fasilitas back up file foto ini.

Saya sendiri sekarang mulai menggunakan dua aplikasi ini, yang pertama DPhoto karena UI-nya yang menawan, tapi berhubung masa trial saya sudah habis (sayangnya hanya sebentar) dan harus mengupgrade ke akun berbayar, saya berhenti menggunakannya, sedangkan untuk Dropico, sepertinya aplikasi ini akan sering saya gunakan, terutama untuk mempermudah penyebaran Foto dari album Flickr saya ke berbagai social network.

Bagaimana dengan anda, tertarik untuk mencoba? Bagaimana pendapat anda, apakah masih ada celah untuk aplikasi foto bisa bersaing dengan aplikasi foto 'besar' yang telah lebih dulu muncul dan telah mempunyai user. Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again