1. Startup

Indosat dan Alfamart Hadirkan Layanan "Dompetku Pengiriman Uang"

Layanan Dompetku Pengiriman Uang merupakan layanan pengiriman uang dan berbeda dengan layanan uang elektronik Dompetku yang hadir sebelumnya

Menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), PT Indosat Tbk. kemarin (15/6)  menghadirkan satu layanan terbarunya Dompetku Pengiriman Uang. Layanan tersebut merupakan solusi pengiriman dan penerimaan uang tunai dari Indosat yang menyasar konsumen perantauan dengan memanfaatkan Alfamart sebagai titik penyedia layanan.

Pihak Indosat menjelaskan, melalui keterangan pers yang kami terima, bahwa layanan ini berbeda dengan layanan Dompetku (uang elektronik) yang sudah ada sebelumnya. Layanan Dompetku Pengiriman Uang merupakan layanan pengiriman uang cash-to-cash, kirim tunai terima tunai saja. Metode mirip dengan sistem remiten, tapi untuk pasar domestik.

Dengan kerja sama yang terjalin antara Indosat dan Alfamart sebagai penyedia layanan ini, pihak Indosat optimis layanan Dompetku Pengiriman Uang ini nantinya dapat menjangkau seluruh Indonesia. Sebagai tahap awal, layanan ini baru tersedia di 36 kota di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan, "Jaringan Alfamart yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, lokasinya juga dekat dengan masyarakat, sehingga akan semakin mudah untuk dijangkau. [...] Untuk tahap pertama, kami mengutamakan 36 kota yang merupakan titik-titik tertinggi untuk pengiriman maupun penerimaan uang yang mencakup pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi."

Persyaratan untuk mengirim dan menerima uang cukup mudah, hanya dengan mengisi formulir pengiriman atau penerimaan uang, membawa kartu identitas asli yang masih berlaku, serta memiliki nomor telepon yang aktif. Menariknya, pihak Indosat mengklaim bahwa layanan ini tidak terbatas hanya untuk pengguna Indosat saja, namun untuk semua pengguna nomor seluler di Indonesia.

Dalam penggunaannya, pihak Indosat menjanjikan layanan ini aman untuk digunakan karena kode pencairan yang digunakan untuk mencairkan uang hanya akan diketahui oleh pengirim dan penerima. Setelah itu, notifikasi akan diterima oleh pengirim melalui SMS ketika dana sudah dicairkan oleh penerima. Jika dirasa perlu, pengirim juga dapat membatalkan pengiriman uang mereka, selama uang yang dikirim tersebut belum dicairkan.

President Direktur Alfamart Hans Prawira juga menyabut baik kehadiran layanan ini. Ia menyebutkan bahwa layanan Dompetku Pengiriman Uang ini dapat menjadi alternatif lain pengiriman uang bagi masyarakat.

Saat ini, selain melalui toko-toko Alfamart, layanan Dompetku Pengiriman Uang juga dapat dilakukan melalui Galeri Indosat. Ke depannya, pihak Indosat berencana untuk membuka titik pelayanan baru melalui mitra Indosat lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again