• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Docs.com Tambahkan Fitur Kerja Kolaborasi Lewat Facebook Groups

Docs.com Tambahkan Fitur Kerja Kolaborasi Lewat Facebook Groups

Posted by
Wiku Baskoro

November 15, 2010

Sambil menunggu berita klarifikasi atau kabar resmi dari Facebook tentang layanan email mereka, ada sedikit pembaruan yang dilakukan Docs.com, yang merupakan aplikasi kerja, yang dibangun dengan teknologi Microsoft Office 2010, di mana pengguna bisa melakukan proses sharing dengan relasi mereka di Facebook.

Docs.com kini memberikan fasilitas yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan kerja kolaborasi dengan relasi mereka yang tergabung dalam Facebook Groups.

Dukungan yang diberikan oleh Docs.com atas kerja kolaborasi dengan anggota di Facebook Groups ini berhubungan dengan rilis fasilitas Facebook Groups yang baru beberapa waktu yang lalu, yang salah satunya memungkinkan pengguna untuk membuat Groups yang lebih private dengan mengatur keanggotaan dan akses.

Kini, pengguna Docs.com dapat mengajak atau mempersilahkan anggota Group yang Anda kelola di Facebook untuk mengakses, melakukan editing atau melihat dokumen/lembar kerja yang sedang Anda buat. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain fasilitas untuk membagi dokumen dengan mudah, termasuk dokumen Word, Excel, PowerPoint, dan PDF. Pengguna juga bisa bekerja secara kolaboratif dengan mengundang anggota Group untuk mengakses dokumen kerja dan menentukan akses seperti apa yang disediakan, apakah melihat saja atau termasuk fasilitas edit dokumen.

Selain itu, Docs juga menjelaskan bahwa Anda tidak perlu memiliki Microsoft Office untuk menggunakan Docs, Anda bisa menggunakan Microsoft Office Web Apps yang juga bisa diakses secara langsung di situs Docs.com, namun jika Anda ingin mengunggah dokumen, file yang akan diunggah harus menggunakan Microsoft Office.

Pilihan untuk kerja kolaborasi dengan anggota dari Facebook Groups ini bisa ditemukan pada bagian kanan, yang bisa dilihat setelah Anda membuka atau membuat dokumen kerja. Pada menu ‘sharing’, Anda kini bisa menambahkan anggota langsung dari Facebook Groups, dan menentukan siapa saja yang bisa mengatur atau melihat dokumen tersebut serta yang bisa menjadi editor dari dokumen tersebut. Akan ada pilihan Group, dengan melakukan klik pada pilihan ini, Docs.com akan mengkoneksikan dengan akun Facebook Anda dan nantinya Anda bisa memilih Group mana yang akan digunakan untuk bekerja kolaborasi.

Perubahan yang terjadi pada dokumen yang dikolaborasikan akan muncul di wall Facebook Groups serta newsfeed masing-masing anggota. Relasi yang diajak berkolaborasi bisa memberikan komentar pada dokumen, baik dalam Facebook newsfeed atau pun pada dokumen itu sendiri.

Fitur kerja kolaborasi lewat Facebok Groups ini menambah beberapa fasilitas yang  telah ada sebelumnya di Docs.com, namun jika dibandingkan dengan beberapa layanan sejenis, misalnya Google Docs, aplikasi kerja Docs.com masih kalah populer, meski memang Docs.com ‘umurnya’ masih baru dan masih banyak perkembangan fasilitas yang bisa ditambahkan.

Namun untuk mereka yang telah terbiasa dengan aplikasi kerja Microsoft Office, Docs.com bisa menjadi pilihan, apalagi beberapa waktu yang lalu muncul peramban RockMelt yang punya integrasi dengan akun Facebook pengguna, Docs.com bisa menjadi pilihan aplikasi kerja berbasis web/cloud bagi mereka yang menggunakan RockMelt karena telah terintegrasi dengan Facebook.

Di sisi lain, apakah pengumuman layanan email dari Facebook juga akan mendukung fasilitas yang ada di Docs.com? Well, kita harus menunggu rilis resmi dari Facebook tentang kabar layanan email serta fasilitas apa saja yang akan disediakan, jika layanan ini benar-benar dirilis.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×