1. Startup

Docs.com: Microsoft + Facebook Lawan Google

Facebook, melalui konferensi para developer mereka f8, mengumumkan sebuah berita yang sangat menarik, terutama dari segi persaingan di aplikasi kerja kolaborasi dan online.

Bersama dengan Microsoft, Facebook meluncurkan Docs.com, sebuah aplikasi kerja yang memungkinkan user untuk membuat Microsoft Office Document, membaginya dengan relasi Facebook , serta menemukan dokumen apa yang telah di upload oleh relasi Facebook anda ke aplikasi Docs.

Sayangnya Docs masih beta dan anda harus mendaftar dan menunggu untuk bisa mencoba aplikasi ini, tapi dari blog mereka, cara kerjanya dikalim sangat mudah dan menyenangkan.

Anda bisa membuat dokumen di web Docs atau di upload dari komputer anda. Setelah dokumen tersedia, anda bisa mengerjakan dokumen ini sendirian atau membagikannya pada teman pilihan anda, atau seluruh teman anda atau bahkan dengan seluruh dunia. Terdengar bombastis memang, tapi dengan pertumbuhan user Facebook yang semakin besar maka ambisi ini patut diperhitungkan.

Mengingatkan anda akan aplikasi Google Docs? Saya, sendiri tertarik dengan Docs salah satunya karena aplikasi ini menggunakan internet sebagai medium kerja serta mempunyai kemampuan untuk melakukan kerja kolaborasi dengan relasi, mirip dengan apa yang bisa dilakukan Google Docs, perbedaannya adalah, relasi yang bisa kita bagi dokumen ini adalah relasi yang ada di akun Facebook kita, yang membuat aplikasi ini menjadi lebih menarik lagi.

Jejaring sosial sering kali diasosiasikan dengan ketidakproduktifitasan, terutama di tingkat lokal, yang sering kali aplikasi seperti ini dipersalahkan atas tingkat produktivitas yang rendah karena karyawan sering mengakses jejaring sosial.

Tapi dengan peluncuran aplikasi ini, kini user bisa bekerja sambil mengakses social networking, user bisa membuat rencana kerja dengan Spreadsheet, membuat dokumen dengan Word, serta menyusun presentasi dengan Microsoft Power Point dan berkolaborasi dengan relasi mereka di Facebook, semuanya bisa dilakukan dengan kemampuan Microsoft Office yang memang sudah sangat akrab di mata banyak pengguna aplikasi kerja.

Selain itu kombinasi antara Facebook, dengan user yang sangat banyak, sekitar 500 juta lebih, dengan pengguna Microsot Office yang juga banyak, sepertinya akan menjadi kombinasi yang akan sangat menarik untuk terus diamati, tingkat persaingan semakin hari semakin terus bertambah, masa depan cloud serta aplikasi gratis pengolah kata yang dimiliki Google Docs tidak ingin membuat Microsoft kehilangan pengguna mereka, dan pilihan untuk mengambil user Facebook, saya pikir adalah langkah yang patut diperhitungkan.

Kini tinggal melihat, bagaimana respon user akan aplikasi baru ini, apakah user Facebook tertarik untk menggunakan fungsi lain social network sebagai medium kolaborasi kerja, atau mereka memang hanya menggunakan Facebook sebagai medium untuk membangun sosial dan hiburan saja.

Bagaimana dengan anda, apakah anda tertarik untuk mencoba aplikasi Microsoft-Facebook ini? Atau aplikasi ini tidak akan bertahan lama, mengingat Microsoft juga mengembangkan aplikasi Officce Web Apps? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again