1. Startup

Distimo: Publisher Baru Semakin Sulit Bersaing di Apple App Store dan Google Play

Distimo baru saja merilis laporannya yang berkaitan dengan para publisher baru dan kiprahnya di Apple App Store (iPhone dan iPad) dan Google Play. Secara umum, Distimo melihat ada kesulitan bagi publisher baru untuk bersaing dengan pemain-pemain lama. Berdasarkan data Distimo yang diambil di periode Oktober 2012-Januari 2013, diperoleh gambaran hanya 2% publisher baru di Apple App Store yang masuk dalam 250 publisher terbaik. Angka tersebut mencapai 3% di Google Play.

Selain itu, Distimo juga mencatat bahwa publisher baru di Google Play juga menerbitkan lebih banyak aplikasi gratis ketimbang di Apple App Store. Secara rata-rata, ada enam aplikasi gratis yang diterbitkan oleh publisher baru di Google Play, berbanding dengan dua aplikasi gratis di Apple App Store. Persentase pendapatan yang diperoleh oleh publisher baru cenderung lebih tinggi di Google Play (18%), ketimbang di Apple App Store (12%).

Distimo juga memberikan gambaran tentang aplikasi paling banyak diunduh di Apple App Store dan aplikasi yang paling cepat memperoleh pendapatan $1 juta (baik melalui aplikasi berbayar maupun pembelian di dalam aplikasi/in-app purchase). Temple Run 2 adalah satu-satunya aplikasi yang masuk dalam tiga terbaik dalam dua kategori ini. Kriteria yang pertama adalah mencapai satu juta unduhan dalam satu hari, sementara kriteria yang kedua adalah memperoleh $1 juta dalam waktu satu minggu setelah dirilis. Selain Temple Run 2, LINE POP juga masuk dalam 10 besar di kedua kategori ini.

Secara umum, Distimo melihat bahwa meskipun semakin sulit, masih ada peluang bagi para publisher baru untuk mendaftar dan memasukkan aplikasinya ke dalam dua toko aplikasi mobile terbesar ini. Selain itu, peluang terbesar untuk memperoleh unduhan besar dan pendapatan cepat masih didominasi dengan aplikasi permainan. Dari sepuluh aplikasi mobile yang masuk ke dalam daftar paling cepat memperoleh pendapatan $1 juta, sembilan di antaranya merupakan permainan dan hanya 1Password yang berupa aplikasi utilitas.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again