1. Lifestyle

Dell Go Private, Diakuisisi Grup yang Dipimpin oleh Silver Lake Partners dan Microsoft

Perusahaan pembuat komputer Dell menjual mayoritas kepemilikannya ke grup yang dipimpin Silver Lake Partners dengan harga $13.65 per lembar saham, seperti dikutip dari The Verge. Market cap Dell saat ini berada di kisaran harga $23-24 miliar. Microsoft disebutkan memasukkan dana $2 miliar untuk mendanai pembelian ini. Silver Lake Partners merupakan private equity firm yang fokus untuk perusahaan-perusahaan berbasis teknologi berskala besar.

Akuisisi Dell ini nampaknya sudah diprediksikan sebelumnya, setelah beberapa hari terakhir rumor tentang hal ini berkembang dengan keras. Dell yang pernah menjadi produsen PC terbesar di dunia nampaknya sudah kehilangan arah, sementara Michael Dell selaku pendirinya dikabarkan sudah kehilangan gairah untuk mengendalikan perusahaan yang didirikan di kamar asramanya saat berkuliah dulu. Nilai Dell sudah berkurang menjadi sepertiganya dari saat masa jayanya dulu.

Patut ditunggu apa yang akan dilakukan oleh Silver Lake Partners dengan kepemilikan Dell. Apakah Dell akan mengikuti arus dan membuat Chromebook murah sebagai alternatif penggunaan PC/Windows? Apakah Dell akan kembali untuk membuat mobile device? Silver Lake Partners sebelumnya memiliki sejumlah portofolio terkenal seperti Skype dan Avaya.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again