Berita 

Delicious Relaunched, Hidupkan Kembali Konsep Kurasi Online

Delicious Relaunched, Hidupkan Kembali Konsep Kurasi Online

Posted by
Rama Mamuaya

September 27, 2011

Hari ini Delicious.com secara resmi dihidupkan kembali oleh dua founder YouTube Chad Hurley dan Steve Chen, setelah bertahun-tahun berada dibawah Yahoo! dan siap ditutup. Chad dan Steve mengaku agak canggung ketika memutuskan untuk meluncurkan kembali Delicious.com, namun akhirnya mereka tetap memutuskan untuk mengangkat kembali konsep “discovery” dan “kurasi” di dunia online melalui Delicious.

Dan tentu pertanyaan selanjutnya adalah “Apakah kita akan kembali menggunakan Delicious?”, karena jujur saja dari dulu-pun Delicious memang tidak begitu menarik. Apakah Delicious yang baru ini lebih menarik? Meskipun tampilannya tidak terlalu jauh berbeda, namun konsep mendasar yang akan segera diterapkan agak berbeda dengan Delicious yang lama.

Melalui interview dengan AllThingsD, Steve dan Chad menyatakan bahwa penggunaan internet saat ini sudah overload dengan informasi namun begitu sang kurator yang berperan penting justru sering terlupakan. Kurator disini adalah orang-orang yang menemukan, memfilter dan membagikan konten yang relevan ke pengikut yang relevan pula.

Delicious versi baru ini ingin menjadi solusi bagi masalah kurasi dan discovery konten di internet, memberikan kredit ke penyedia konten dan juga kurator yang menyebarkan konten tersebut ke user. Sekilas, fitur yang disediakan di Delicious versi terbaru ini memang tidak terlalu jauh berbeda, bedanya sekarang link-link yang anda bookmark bisa disimpan ke “stack” tertentu. Satu user tentu bisa memiliki banyak “stack” berbeda yang memiliki topik masing-masing, dengan demikian pengkategorisasian link bookmark dan sharing menjadi lebih mudah.

Menurut Steve dan Chad, ini merupakan versi awal dari Delicious yang baru dan masih ada banyak rencana yang mereka siapkan untuk Delicious ke depannya. Untuk sekarang, sepertinya belum banyak yang bisa diharapkan dari Delicious. Masih banyak fitur mereka yang belum menjadi diferensiasi kuat dibandingkan fitur-fitur di Twitter, Facebook ataupun Google+. Belum lagi layanan social bookmarking macam Instapaper, Pulse News, Read It Later.

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan Steve dan Chad untuk benar-benar menghidupkan kembali Delicious.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×