1. Startup

Copick 'Timun Mas', Komik Game dari Komikoo.com

Acara Indonesia Bermain memang telah berlalu, tepatnya satu minggu kemarin, namun ada satu fasilitas baru yang cukup menarik bagi saya yang disediakan oleh layanan yang juga pernah dibahas di DailySocial, Komikoo.com.

Komikoo.com sendiri merupakan situs komik Indonesia online yang menampilkan karya-karya anggotanya. Di situs ini komikus, ilustrator lokal bisa mengunggah karya mereka dan dibaca oleh orang lain.

Nah, pada waktu acara Indonesia bermain saya kebetulan mampir agak lama di stand Komikoo dan ikut juga mencoba Copick berjudul Timun Mas, salah satu komik - game yang dikembangkan Komikoo dan Kummara yang bisa dibaca - dimainkan di situs Komikoo.com.

Komik - game ini memang masih beta dan seperti yang dijelaskan Iqbal Aribaskara dari Komikoo akan terus dikembangkan dan diperbaiki baik dari jenis atau cerita komiknya maupun sisi game-nya.

Ide dari fasilitas baru ini bisa jadi cukup sederhana dan mungkin juga tidak baru-baru amat (salah satu brand minuman isotonik juga seingat saya pernah menggunakan pendekatan ini), memadukan komik dengan elemen game. Jadi pengguna Komikoo bisa membaca komik yang di dalamnya ada unsur permainan. Dalam membaca atau membuka 'lembar' komik nantinya akan ada petunjuk yang harus dipilih sebelum berlanjut ke cerita komik berikutnya.

Untuk menikmati komik - game ini Anda harus menjadi anggota dan log in di Komikoo.com Anda bisa memulai membaca baca komik, ada petunjuk di sisi kanan, selain petunjuk nantinya ada pula pilihan beberapa pilihan yang akan berbeda bagi setiap babak komik, atau ada juga pilihan barang di area komik sendiri yang harus Anda pilih. Beberapa petunjuk akan menunjukkan ke halaman komik yang 'salah' Anda harus kembali dan memilih ulang, jika 'benar' akan ada petunjuk untuk berlanjut ke cerita selanjutnya.

Bisa jadi unsur game yang paling kentara ada di bagian game puzzle atau labirin. Cerita Timun Mas ini menyediakan dua pilihan berbeda (setidaknya itu yang saya dapatkan ketika mencobanya) yang pertama puzzle peta yang kedua labirin, masing-masing menyediakan permainan yang harus Anda pecahkan sebelum berlanjut ke bagian cerita selanjutnya.

Selama mencobanya saya, cukup menyenangkan, meski kadang melewatkan bagian komik karena ingin cepat-cepat menyelesaikan misteri atau ceritanya, namun ini bisa diperbaiki dengan cerita komik lain yang mengharuskan kita membaca detail cerita dan bagian komik untuk bisa berlanjut ke halaman lain. Namun tentunya efek membaca komik serta ada elemen permainan bisa menambah unsur penasaran karena kita harus melewati tahap tertentu sebelum masuk ke halaman komik berikutnya, dan di beberapa halaman komik juga ada dua jalan berbeda untuk masuk ke akhir cerita, ini menambah seru dalam proses membaca komik.

Kemudian saya membayangkan bagaimana jika ada komik kesukaan saya yang akan muncul perdana/hanya di Komikoo, kemudian dikombinasikan dengan elemen permainan ini, bahkan bisa tambah seru jika ada dua kesimpulan cerita yang berbeda dari pilihan babak dipermainan yang kita pilih, semacam dua ending berbeda dalam film yang terkadang disertakan oleh sutradara kalau kita membeli DVD film tersebut. Jadi kita bisa melihat dua kemungkinan dari akhir cerita/komik.

Berbicara tentang bisnis, setidaknya ada beberapa peluang yang terpikirkan oleh saya, misalnya placement brand di babak permainan, iklan, sampai dengan edisi khusus premium untuk komik yang memang dibuat secara eksklusif. Belum lagi kampanye brand juga saya pikir bisa masuk, bahkan kalau peminat akan suatu komik  -  game cukup banyak membuat semacam merchandise bagi saya cukup memungkinkan juga.

Di sisi situs Komikoo sendiri, setidaknya elemen permainan ini bisa menjaga agar pengguna diam lebih lama di situs mereka, selain itu layanan utama komik tetap bisa dikembangkan menjadi layanan yang lebih luas. Komikus yang telah memiliki penggemar di situs Komikoo bisa diajak kerja sama untuk membuat komik mereka dengan elemen game atau membuat komik - game khusus yang baru, terpisah dari karya komikus tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentunya adalah kualitas komik dan elemen permainan yang harus dibuat adiktif dan seseru mungkin, masing-masing bisa saling melengkapi.

Komik - game berjudul Timun Mas ini memang dalam versi beta, jadi tentunya masih banyak peluang untuk mengembangkan fasilitas komik - game dari Komikoo.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again