1. Startup

Chrome Extensions, Hebat Atau Biasa Saja?

Ternyata peluncuran extensions dari Chrome agak lebih cepat dari yang dulu pernah saya tulis. Peluncurannya ternyata hampir bersamaan dengan rilis resmi Chrome untuk Mac, kemarin Google merilis extensions beta untuk Chrome versi Windows dan Linux.

Situs Chrome extensions pun sudah bisa digunakan untuk user umum, tidak hanya untuk para developer. Ada banyak sekali pilihan extensions, saya mencoba beberapa aplikasi yang tampak familiar.

Beberapa extensions yang bagi saya yang cukup membantu adalah Feedly, Brizzly, Shareholic, Gmail Checker, RSS Subscription, Zemanta, Google Reader Notifier, dan Chromed Bird. Extensions seperti Chromed Bird mempunyai UI yang sederhana tapi cukup lengkap, tapi beberapa extensions yang saya coba, ada juga yang  belum berfungsi maksimal seperti contohnya Ibrii, Google Translate, padahal saya cukup berharap banyak pada extensions yang terakhir ini.

Extensions dari Chrome sebenarnya menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu, mengingat aplikasi tambahan ini akan membuat Chrome menjadi sebuah tempat yang lebih menyenangkan, kecepatan udah punya, apalagi yang dibutuhkan selain extensions. Memang telah ada 300 extensions lebih yang siap dimasukkan dalan browser anda, instalasinya pun, saya harus bilang sangat mudah, saya mencoba beberapa extensions dan hanya membutuhkan tidak lebih dari 3 klik.

Dengan begitu banyak pilihan extensions, memang Firefox harus terus waspada, jangan-jangan addons Firefox yang menjadi bintang itu bisa tersusul oleh Chrome extensions, meski kayaknya masih jauh. :) Saran sederhana dari saya jika anda ingin mencoba beberapa extensions, cek dulu komentar user yang sudah menginstal, jadi anda bisa melihat saran-saran dari user lain sebelum mencobanya.

Dua kemenangan awal Chrome dari Firefox adalah: tidak perlu me-restart ketika menginstal dan meng-uninstal extensions. Developer juga menjadi titik utama pada extensions untuk Chrome, extensions yang di upload oleh developer akan langsung dapat dinikmati oleh para user.

Anda dapat mencari extensions dari situs resminya atau mencoba pilihan extensions lain di Googlechrome.orgchromeextensions.org dan silahkan memulai membandingkan apakah extensions Chrome bisa mengalahkan addons Firefox.

Anda sudah mencoba extensions Chrome? Mari, share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again