1. Startup

Check-in Dengan Check.In

Sudah sekitar 3 bulan sejak Yoga tentang aplikasi Check.In, yang memungkinkan user untuk melakukan check-in ke berbagai layanan berbasis lokasi dari satu aplikasi saja.

Kini layanan yang dikembangkan oleh BrightKite, yang merupakan salah satu pelopor layanan berbasis lokasi ini telah 'keluar' dari versi closed-beta dan mulai bisa dicoba oleh para user umum. Check.In menyediakan layanan yang memungkinkan user untuk melakukan check-in ke layanan Gowalla, Foursquare, Whrll, TriOut dan layanan BrightKite itu sendiri. Tapi untuk layanan Whrll, TriOut dan Gowalla masih dalah taraf experimental.

Saya belum melakukan tes dengan aplikasi ini, tetapi dari video mereka serta penjelasan di situsnya, beberapa fitur yang mereka sediakan, selain aggregator layanan berbasis lokasi, antara lain, 'smart place matching, yang memungkinkan aplikasi Check.In melakukan usulan tempat secara otomatis yang nantinya disusun berdasarkan pada pilihan yang pernah user lakukan, lalu anda juga bisa tetap mendapatkan badge, poin serta bonus-bonus lain yang diberikan oleh masing-masing layanan, serta anda juga bisa menyebarkan hasil check.in serta tambahan pesan ke Facebook dan Twitter. Check.In juga dikembangkan dengan teknologi web terbaru, HTML 5.

Mobile device yang bisa digunakan untuk aplikasi ini adalah device yang berbasis Android, lalu iPhone, dan iPad. seperti yang ditulis TechCrunch, sejak kemunculan versi closed beta bulan Maret lalu, sekitar 6.000 user sudah mencoba layanan ini dan terdapat 135.000 check-in, rata-rata user melakukan check-in sebanyak 20 kali dan terdapat sekitar 2 juta permintaan tempat/venue selama periode beta.

BrightKite juga menyebutkan bahwa statistik check-in paling ramai terjadi di hari Jumat, dan paling sering adalah hari Minggu. User juga ternyata masih melakukan check-in hanya untuk satu layanan, padahal kegunaan Check.In adalah untuk melakukan check-in secara langsung di berbagai layanan berbasis lokasi, misalnya anda mempunyai akun di Gowalla, dan Foursquare dan ingin melakukan check-in dari tempat yang sama sekaligus tanpa harus masuk ke dua situs tersebut terlebih dahulu.

Tertarik mencoba? Anda bisa langsung mencobanya lewat link http://m.check.in/, jika anda belum tertarik, berikut video penjelasan tentang Check.In yang mungkin bisa membuat anda berubah pikiran.

check.in Teaser from Martin May on Vimeo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again