1. Startup

CEO Mojopia Mengundurkan Diri, Bagaimanakah Masa Depan Plasa.com?

Selain berita tentang pemberhentian karyawan Yahoo! serta penutupan beberapa layanan mereka, kali ini muncul berita lokal yang juga berhubungan dengan masa depan sebuah layanan, yang banyak sekali mendapat perhatian para pemerhati internet lokal, Plasa.com.

Sepeti yang dituliskan OkeZone, CEO Mojopia diberitakan mengundurkan diri per 1 Desember 2010 kemarin, Shinta Dhanurwardoyo yang menjadi orang terdepan dari Plasa.com kini tidak lagi menangani penyedia layanan e-commerce yang banyak diperhatikan ini, salah satunya karena dana pengembangan yang telah cukup besar dikucurkan untuk mengembangkan layanan mereka.

Lalu, bagaimana masa depan Plasa.com yang sampai sejauh ini masih bisa dibilang dalam masa pertumbuhan awal sejak peluncuran resmi mereka bulan Maret lalu?

Dari artikel di OkeZone tersebut, dikatakan bahwa untuk sementara CEO dari Mojopia, akan dipegang oleh Ariadi Anaya yang sekarang menjabat sebagai Executive Vice President Business Portofolio Management dari PT Multimedia Nusantara setidaknya sampai tri wulan pertama tahun 2011. Telkom juga diberitakan akan tetap mengembangkan Plasa.com sebagai platform bisnis utama korporasi.

Sampai saat ini, selain perombakan tampilan situs mereka beberapa kali, Plasa.com juga telah menjalin kerjasama dengan eBay serta Microsoft, yang tidak lain juga atas andil CEO mereka yang kini telah mengundurkan diri.

Mereka juga aktif mempromosikan layanan mereka serta peluang yang bisa diraih para penjual lokal, baik di Twitter maupun dengan mengadakan acara offline. Beberapa waktu yang lalu, Plasa.com juga mengubah tampilan halaman home mereka yang kini terasa lebih baik, setidaknya dari tampilan sebelumnya, menambahkan beberapa konten seperti permainan dan memperbaiki navigasi produk unggulan.

Tingkat persaingan untuk layanan e-commerce juga bisa dipastikan akan terus meningkat, setelah tahun ini bisa dikatakan sebagai masa edukasi bagi konsumen untuk belanja online, meski masa pertumbuhan masih tetap akan berlanjut, tetapi setidaknya untuk tahun depan masyarakat telah semakin bertambah tingkat literasi mereka tentang belanja online, pertumbuhan pengguna internet juga akan semakin meningkat, yang didukung oleh bermunculannya perangkat untuk mengakses internet.

Di sisi pemain e-commerce, Rakuten, pemimpin pasar mall online di Jepang telah secara resmi meluncurkan logo serta alamat situs mereka untuk pengguna Indonesia, sepertinya awal tahun depan mereka akan mulai memperkenalkan tampilan situs, fitur serta para penjual yang telah bergabung dengan layanan mereka, belum lagi layanan lain seperti Juale serta Tokopedia yang sudah dipastikan tidak akan tinggal diam dalam memenangi persaingan.

Jika Anda cukup rajin membaca DailySocial, artikel Yoga tentang ketidakharmonisan yang ada di Mojopia pernah dituliskan DailySocial pada bulan Desember tahun lalu, tepatnya tanggal 23 Desember 2009, kini satu tahun kemudian, CEO Mojopia mengundurkan diri.

Well, kita lihat bagaimana strategi selanjutnya dari Plasa.com, bagaimana dengan pendapat para pembaca DailySocial tentang mundurnya CEO Mojopia serta strategi mereka selanjutnya? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again