1. Startup

CEO Corner: Wawancara Singkat Dengan Peter Vesterbacka dari Rovio

Beberapa bulan yang lalu saya bertemu dengan Peter Vesterbacka, CEO Rovio ketika kami berdua sama-sama menghadiri Global Mobile Internet Conference di Beijing. Indonesia, seperti negara-negara lain, jatuh cinta dengan salah satu permainan mereka yang bernama Angry Birds. Ini adalah fenomena global, seekor burung merah besar, babi berwarna hijau 'berkeliaran' dimana-mana dan Rovio kini menjadi sebuah perusahaan game global yang diakui.

Jadi saya berbincang melalui email dengan Peter untuk artikel CEO Corner, kami berbicara tentang game, clone dan mobile.

Begitu banyak orang bicara tentang kesuksesan instan Rovio, tapi Peter Vesterbacka membantah anggapan tersebut dan mengatakan bahwa, "Rovio didirikan pada tahun 2003 setelah Niklas dan dua temannya memenangkan kompetisi untuk menciptakan game mobile. Rovio membuat 51 game sebelum Angry Birds." Pernyataan ini menjelaskan bahwa Angry Birds tidak sukses dalam semalam. Ini adalah daftar panjang kegagalan demi kegagalan sebelum mereka hadir dengan Angry Birds, mereka tidak pernah menyerah.

Sebagai salah satu permainan yang paling populer di dunia, sebuah tren global, Angry Birds juga menjadi target untuk objek peniruan (clone). Baik itu game maupun karakter yang ditiru oleh banyak orang, merchandise berdasarkan Angry Birds tanpa izin beredar dimana-mana. Mereka mengatakan bahwa imitasi adalah bentuk pujian paling tulus, dan saya kira itulah yang dipikirkan oleh Rovio tentang clone Angry Birds di luar sana. "Hal-hal baik akan selalu ditiru, tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang itu," kata Peter.

Tapi mereka memiliki alasan untuk tidak khawatir tentang para clone, mereka terus berinovasi dan menciptakan permainan yang baik yang tidak bisa ditiru oleh orang lain! Angry Birds mungkin permainan Rovio yang paling populer, dan berdasarkan pengetahuan itu, mereka membawa batas baru bagi permainan yang mereka hasilkan di masa depan. Jadi apa yang membuat Angry Birds begitu populer dibandingkan dengan game lainnya yang dihasilkan oleh Rovio dan - dalam hal ini - lain perusahaan game besar lainnya?

"Ada banyak alasan untuk popularitas, sulit untuk menentukan mana yang paling berpengaruh. Karakter, desain untuk perangkat sentuh dan teknik pemasaran yang baik semua berkontribusi pada kesuksesan. "

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap cepatnya popularitas Angry Birds, faktor yang datang dari dalam game antara lain kesederhanaan, game play, karakter dan desain, faktor lain juga datang dari luar permainan, seperti pemasaran, virality, dan tentu saja platform perangkat. Ini membuat saya berpikir apakah Angry Birds akan sepopuler sekarang jika mereka merilis game untuk perangkat lain sebelum versi iPhone.

Di satu sisi, iPhone memainkan peran utama bagi kesuksesan Angry Birds, karena platform pengembangannya serta perangkat keras yang canggih. Bahkan, iPhone memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan Angry Birds, menurut Vesterbacka, "Angry Birds tidak akan menjadi sebesar ini tanpa iPhone dan perangkat sentuh lain." Saya kira perangkat iOS memang benar-benar mengubah dunia mobile gaming, dalam kasus ini adalah Rovio.

Nah, itu wawancara pendek saya dengan Peter Vesterbacka, tapi sebelum kita mengakhiri wawancara singkat ini, saya meminta Peter untuk memberikan saran kepada semua entrepreneur di luar sana:

"Terus lakukan apa yang Anda lakukan, percaya pada diri sendiri dan Anda akan sukses."

Pernyataan yang datang dari sebuah perusahaan yang memproduksi 51 game gagal dan 1 game yang menjadi fenomena global, tentu saja saya akan benar-benar mendengarkan dia. Terima kasih banyak Peter, sukses untuk Rovio dan Angry Birds! Anda mengubah kehidupan banyak orang. :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again