1. Startup

Catatan Penting di Acara BlackBerry World 2012

Acara BlackBerry World 2012 berakhir sudah. Dalam sejarah Research In Motion (RIM) yang akan ditulis nanti, event ini akan dikenal sebagai salah satu titik, bisa menjadi turning point kebangkitan RIM, atau menjadi titik dimana RIM terus turun dan akhirnya mati. Mari kita lihat beberapa catatan penting yang bisa ditarik dari event tersebut.

BlackBerry 10 Platform

Pada BlackBerry World 2012, RIM mempamerkan platform BlackBerry 10 untuk pertama kalinya. BlackBerry 10 yang berbasis pada sistem operasi buatan QNX, perusahaan yang diakuisisi RIM pada 2010, tersebut terlihat canggih. BlackBerry 10 dilengkapi dengan beberapa fitur seperti keyboard adaptif yang mampu memprediksikan apa yang akan Anda ketik, mempunyai kamera yang mengambil beberapa frame gambar sebelum foto yang sebenarnya, dan proses berpindah antar aplikasi yang nyaman dan mudah.

Sistem BlackBerry 10 ini selain akan dipakai dalam smartphone BlackBerry yang baru akan keluar sekitar Oktober mendatang, juga akan dipakai dalam sistem operasi terbaru untuk tablet BlackBerry Playbook.

BlackBerry Dev Alpha

Untuk para pengembang yang hadir dalam BlackBerry 10 Jam, RIM membagikan sebuah perangkat yang diberi nama BlackBerry Dev Alpha. Pengembang dapat membangun aplikasi untuk BlackBerry 10 dalam perangkat tersebut. Jika berhasil, mereka dapat menukarkan perangkat tersebut dengan sebuah smartphone BlackBerry 10, yang diklaim akan sangat berbeda dengan perangkat BlackBerry Dev Alpha yang dibagikan.

Selain perangkat tersebut, pengembang BlackBerry di seluruh dunia juga bisa mendapatkan seperangkat tools untuk mempermudah mereka membangun aplikasi untuk BlackBerry 10. Diantaranya adalah BlackBerry Native SDK untuk menggunakan beberapa aplikasi bawaan BlackBerry, Cascade SDK untuk membuat aplikasi dengan C++ dan QML, serta BlackBerry 10 WebWorks SDK untuk membuat aplikasi dengan HTML5. Semua tools ini dapat diunduh pada halaman http://developer.blackberry.com.

Dukungan Pengembang Besar

RIM berhasil meyakinkan beberapa pengembang besar untuk membuat aplikasi mereka untuk BlackBerry 10. Selain Gameloft yang menjanjikan 11 game untuk BlackBerry, ada PixelMags dengan aplikasi dan konten majalahnya, Fish Labs dengan game Galaxy on Fire 2 HD, juga Xtreme Labs dengan aplikasi Accuweather. Dengan memamerkan dukungan dari pengembang-pengembang ini, RIM berharap pengembang aplikasi lain juga menjadi yakin bahwa BlackBerry 10 memang menjanjikan keuntungan bagi pengembang.

Saham RIM Terus Turun

Jika dukungan dari pengembang terlihat 'kuat', dukungan dari investor justru terlihat melemah. Dalam 3 hari penyelenggaran BlackBerry World 2012 kemarin, harga saham RIM terus mengalami penurunan hingga mencapai titik terendahnya dalam 8 tahun terakhir. Menurut analis Colin Gillis dari BGC Partners, seperti dikutip Ottawa Citizen, mengatakan bahwa BlackBerry World 2012 justru semakin memperjelas bahwa RIM masih akan menghadapi jalan yang sulit ke depan. Salah seorang investor RIM, Prem Watsa, bahkan mengatakan kalau investasi kepada RIM adalah sebuah investasi jangka panjang yang baru bisa terlihat dalam 3-5 tahun ke depan. Sementara kebanyakan investor, tidak akan mau berinvestasi seperti itu dengan resiko kegagalan yang cukup besar.

Yang kini ditunggu dari RIM adalah peluncuran smartphone Blackberry 10. RIM jelas sedang berpacu dengan waktu, sementara market share Blackberry terus turun digerus smartphone lain yang berbasis Android, iOS maupun Windows Phone. Jika terlambat, RIM akan menemukan market share mereka terlalu rendah untuk bisa bangkit lagi.

Sumber Artikel: Rilis Berita, CrackBerry, BerryReview. Gambar : N4BB.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again