1. Entrepreneur

Tertarik Menjadi Blogger? Begini Tips Menulis Blog untuk Pemula

Kumpulan tips memulai blogging dan cara menulis blog untuk pemula. Penasaran?

Menjadi blogger adalah hobi atau profesi yang bisa dipilih jika Anda tertarik dan memiliki kemampuan dalam menulis artikel. Meski terkesan mudah, namun masih banyak yang bingung bagaimana cara menulis blog untuk pemula yang baik sebagai langkah awal menjadi blogger.

Jika Anda adalah salah satunya, maka Anda sampai di artikel yang tepat. Artikel ini akan membahas beberapa tips dalam menulis blog untuk pemula, termasuk rekomendasi platform penulisan blog untuk blogger pemula. Penasaran? Langsung simak informasinya di bawah ini, ya!

Cara Menulis Blog untuk Pemula

Menulis blog tidaklah mudah dan tidak pula susah. Anda hanya perlu terbiasa dengan flow penulisan artikel blog untuk membuat menulis blog menjadi aktivitas yang mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara menulis blog yang wajib diketahui untuk penulis pemula.

Buat Judul yang Menarik

Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca sebelum pembaca memutuskan untuk membaca artikel tersebut. Sehingga, judul sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membuka artikel tersebut.

Pahami Apa yang Akan Ditulis

Sebelum mulai menulis, pastikan Anda telah memahami apa yang akan Anda tulis. Jika topik yang akan dibahas pernah dibahas pada artikel lain, Anda dapat membaca artikel tersebut untuk menambah pengetahuan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membuat outline penulisan pada buku catatan Anda tentang bagaimana Anda akan membuat artikel blog Anda.

Kenali Pembaca Anda

Mengenali pembaca atau target audiences artikel Anda akan membantu Anda menentukan tone atau gaya yang tepat dalam membawakan informasi pada artikel Anda. Apakah Anda ingin membawakannya secara formal atau kasual.

Pastikan Intro Juga Menarik

Selain judul, bagian pembuka artikel (introduction) juga sebaiknya dibuat semenarik mungkin. Karena intro menjadi penentu apakah pembaca akan lanjut membaca artikel hingga selesai atau tidak.

Jangan Lupa Gunakan Subheadings

Menggunakan subheadings pada artikel Anda akan membuat pembaca lebih mudah dalam membaca setiap informasi yang disajikan. Terlebih lagi jika artikel Anda tergolong panjang.

Tips Memulai Blog untuk Pemula

Sebelumnya, Anda telah memahami bagaimana cara menulis blog untuk pemula. Selanjutnya, terdapat beberapa tips untuk Anda yang ingin menjadi blogger pemula dan memulai aktivitas blogging.

Tentukan Niche dan Target Audiences

Tips pertama dalam memulai blog adalah menentukan niche. Niche di sini adalah fokus pembahasan blog Anda. Selain niche, target audiences juga penting agar memudahkan Anda nantinya dalam membuat artikel yang relevan.

Gunakan Platform Gratis Sebagai Permulaan

Saat ini banyak sekali platform untuk blogging yang bisa Anda gunakan. Sebagai pemula, pastikan Anda memanfaatkan platform yang gratis dan mudah digunakan.

Medium adalah platform yang bisa Anda coba sebagai pemula. Selain mudah digunakan dan gratis, Anda juga tidak perlu membangun situs blog sendiri. Anda hanya perlu membuat akun Medium untuk mulai menulis blog di Medium dan menjadi satu dari banyaknya penulis di Medium.

Ada juga beberapa alternatif lain, seperti:

  • Blogger.com
  • Wordpress.com
  • Wix.com
  • Squarespace.com
  • Weebly.com

Rutin Menulis Blog

Tips terakhir memulai blogging untuk Anda adalah rutin menulis blog. Meski terdengar mudah, konsisten menulis blog adalah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan bagi pemula. Padahal, konsisten menulis blog merupakan faktor yang dipertimbangkan pembaca dalam memilih sumber bacaannya.

Nah, itu dia beberapa tips memulai blogging dan cara menulis blog untuk blogger pemula. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang ingin belajar blogging karena tertarik menjadikan blogging sebagai hobi atau ingin mendapatkan penghasilan dari menulis blog. Selamat mencoba!

Header by Pexels.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again