1. DScovery

Buzzer Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Dampak Keberadaan Buzzer

Buzzer adalah seseorang yang secara langsung menyuarakan suatu pendapat dengan menggunakan identitas pribadi atau tersembunyi untuk menyatakan suatu kepentingan di media sosial.

Kata buzzer adalah salah satu kata yang sering kita temukan dalam percakapan di jejaring sosial. Istilah buzzer biasanya muncul saat membahas suatu topik yang sedang trending atau viral di media sosial.

Jika kamu bermain media sosial, kamu mungkin menemukan topik yang sedang hangat diperdebatkan. Jadi trending topik ini mungkin memang sengaja dibuat oleh sekelompok buzzer dengan minat tertentu.

Artikel ini menjelaskan apa itu buzzer dan cara kerjanya. Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Buzzer?

Secara umum, buzzer adalah individu atau sekelompok individu yang dibayar atas jasanya untuk mengiklankan, mengkampanyekan, atau mengekspresikan sesuatu. Pada dasarnya buzzer digunakan sebagai alat pemasaran atau periklanan, sebagai strategi bisnis untuk mempromosikan produk.

Istilah buzzer mulai populer di Indonesia sejak pemilihan umum 2019. Buzzer digunakan sebagai layanan yang selalu terkait dengan pengungkapan isu politik, promosi tokoh atau kelompok politik di media sosial, dan memenangkan kontes politik. Bahkan buzzer dapat dijadikan sebagai layanan untuk menurunkan kredibilitas lawan partai politik lainnya.

Selain digunakan untuk mencoblos politik, buzzer juga digunakan sebagai jasa periklanan di dunia entertainment. Misalnya saat artis baru merilis album baru, biasanya artis tersebut membutuhkan buzzer untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat melalui akun media sosial terkait perilisan album baru artis tersebut. Saat topik album baru ini ramai di media sosial, album baru ini menjadi trending atau topik viral di media sosial.

Fungsi Buzzer

Fungsi utama buzzer adalah menciptakan fenomena sosial sebagai alat periklanan di media sosial. Buzzer menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk.

Dengan terus-menerus mempromosikan sesuatu, buzzer dapat memperluas jangkauan merek. Selain itu, dengan bantuan jejaring sosial yang dapat diakses tanpa henti dalam ruang dan waktu.

Selain itu, buzzer dapat mempengaruhi opini publik melalui berbagai kampanye yang mereka hadirkan di jejaring sosial. Layanan buzzer ini biasa digunakan dalam pemasaran bisnis, pemasaran politik, dan banyak bidang lainnya.

Dampak Buzzer

• Dampak Positif

More Coverage:

Buzzer media sosial memiliki dampak positif pada media sosial. Buzzer merupakan salah satu pilihan untuk meningkatkan pemasaran produk. Masyarakat mengetahui bahwa produk tersebut diiklankan atau viral melalui buzzer sehingga meningkatkan penjualan produk tersebut.

• Dampak Negatif

Selain dampak positif, keberadaan buzzer tentunya juga dapat menimbulkan dampak negatif. Buzzers bisa menjatuhkan citra lawan politik atau melawannya di media sosial. Buzzer dapat merugikan orang lain dengan mengirimkan informasi atau opini yang salah. Oleh karena itu, pengguna media sosial harus berhati-hati dalam memilih informasi media sosial.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa buzzer adalah seseorang yang tugasnya mengangkat suatu masalah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran publik tentang suatu topik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again