1. Startup

Buntuti Google, Facebook Kuasai Kue Iklan Mobile

Perubahan pola mengakses internet dari komputer (laptop, desktop) ke perangkat mobile tidak membuat kejayaan Facebook menyurut. Bahkan, pundi-pundi aplikasi buatan Mark Zukerberg ini mampu membukukan keuntungan hingga USD 6,3 miliar dari kue iklan mobile, terbesar kedua setelah Google. Laporan eMarketer menempatkan Facebook sebagai perusahaan teknologi dengan pendapatan iklan mobile terbesar kedua. Di posisi pertama masih Google yang sudah menjadi yang terbesar sejak 2011. Pangsa pasar Facebook untuk pendapatan global dari iklan pada mobile internet mencapai 15,8 persen pada tahun 2013.

Menurut eMarketer, total kue iklan di sektor mobile akan mencapai total $16,6 miliar. Google masih memimpin pasar dengan market share 53,17 persen, dengan pendapatan mencapai $38,6 miliar, sedangkan tahun lalu, Google mengantungi $32,7 miliar.

Di posisi tiga ada Pandora yang menguasai 2,3 persen pasar (turun dari tahun 2012 yang berhasil mendapat 2,7 persen), kemudian YP dengan 2,2 persen (tahun lalu 2,8). Twitter, salah satu media sosial terpopuler di Indonesia, berada di urutan kelima dengan penguasaan pasar iklan mobile sebesar 1,85 persen. Bagi Twitter, ini adalah kenyataan yang menggembirakan mengingat tahun lalu mereka mendapat 1,5 persen total kue iklan mobile.

Sebagai catatan, Google dan Facebook tidak hanya menguasai iklan mobile. Tetapi praktis kedua perusahaan ini adalah dua terbesar di semua platform digital! Bahkan menurut eMarketer Google meraup hampir 33 persen dari semua iklan digital yang ada di seluruh dunia tahun ini. Di urutan berikutnya ada Yahoo! Dengan penghasilan $3,5 miliar, disusul Microsoft dengan $2,9 miliar dan di urutan lima ada IAC, $1,6 miliar.

Angka-angka ini digital iklan pangsa pasar hanya sedikit disesuaikan dibandingkan dengan eMarketer perkiraan sebelumnya, yang dirilis pada Juni 2013 memproyeksikan pangsa 33,24 persen dari seluruh dunia pasar iklan digital untuk Google, dan pangsa 5,04 persen untuk Facebook.

eMarketer telah meningkatkan perkiraan untuk pendapatan iklan seluruh dunia di Facebook secara signifikan sejak Juni. Kinerja kelas bintang Facebook di kuartal kedua menyebabkan revisi ke atas, dari $5,8 miliar yang awalnya diharapkan, menjadi yang seperti disebut di atas, $6,3 miliar.

Dari segi saham, Facebook juga menghadapi pengalaman yang sangat menggembirakan. Kini, nilai pasar Facebook telah melampaui $100 miliar! Dalam penutupan pasar saham New York, saham Facebook naik 1,9 persen menjadi $ 41,34.

Bahkan sebelumnya Facebook memang sempat menyentuh $41,94 pada 18 Mei 2012. Dengan harga saat ini, saham Facebook tahun ini sudah naik 55 persen. Bandingkan dengan tahun lalu yang kenaikannya ‘hanya’ mencapai 16 persen.

Analis pasar saham menyatakan bahwa masa depan saham Facebook masih sangat cerah. Mereka memperkirakan bahwa harga saham media sosial terbesar di dunia ini masih akan terus merangkak naik. Bahkan, seperti dikutip Bloomberg, harga saham Facebook diperkirakan bisa menembus $45 di tahun ini, mengingat kinerja sahamnya terus membaik.

Menurut Bloomberg, kunci sukses Facebook adalah keberanian menghilangkan fitur-fitur yang dianggap tidak cocok untuk akses mobile, seperti fitur gift-givings, yang dalam versi website bisa memfasilitasi pengguna untuk mengirim hadiah-hadiah kepada temannya. Sebagai gantinya, untuk versi mobile Facebook menyediakan fitur Gift Cards.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again