Berita 

BNI dan DOKU Hadirkan Portal Belanja Blandja, Permudah Pembayaran dengan DOKU Wallet

BNI dan DOKU Hadirkan Portal Belanja Blandja, Permudah Pembayaran dengan DOKU Wallet

Posted by
Amir Karimuddin

April 3, 2013

Satu lagi bank nasional yang merambah bisnis e-commerce secara langsung. BNI bekerja sama dengan DOKU dan Connecting Life menghadirkan Blandja sebagai portal berbelanja online. Jika nama Connecting Life terdengar akrab, perusahaan ini juga yang membidani hadirnya PlazaPos yang dimiliki oleh PT Pos Indonesia. Selain perangkat pembayaran BNI (tabungan, kartu debit dan kartu kredit), Blandja juga memperkenalkan produk baru DOKU yaitu DOKU Wallet.

Blandja sendiri saat ini menjual produk gaya hidup, seperti pakaian, sepatu, tas, jam tangan, gadget dan peralatan elektronik. Nantinya Blandja diharapkan juga menjual tiket konser pertunjukan, tiket perjalanan dan suatu produk yang berkaitan dengan Amazon — meskipun untuk yang terakhir ini kami belum memiliki informasi lebih lanjut. Selain Blandja, BNI juga telah memiliki portal e-commerce sendiri dengan nama AksenBelanja.

Tentu saja yang berbeda dengan portal belanja lainnya adalah metode pembayaran yang disebut sebagai DOKU Wallet. Produk baru ini fungsinya serupa PayPal, di mana akun DOKU Wallet bisa digunakan untuk berbelanja di Blandja dan tempat-tempat lain secara online. Isi ulangnya bisa melalui rekening BNI ataupun ditautkan ke kartu kredit. Solusi seperti ini jelas menjadi alternatif menarik bagi konsumen Indonesia yang ingin berbelanja secara online tapi belum/tidak memiliki kartu kredit.

Kembali ke Blandja, tentu saja tidak ada salahnya jika bank raksasa nasional memiliki toko online-nya sendiri. Yang menjadi catatan dari kami adalah bagaimana visi dan pengembangan bisnis Blandja agar bisa lebih independen dari induknya, syukur-syukur bisa menjadi anak perusahaan tersendiri.

Berkaca dengan pengalaman perbankan yang serupa, misalnya Citibank dengan BeliBarang-nya (yang saat ini sementara ditutup) dan Mandiri dengan Tokone (yang tidak terlalu gencar lagi promosinya), dibutuhkan tim operasional tersendiri dan rencana jangka panjang yang matang untuk memastikan produk ini tetap bertahan dan berkembang.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×