1. Lifestyle

Bermain untuk Belajar Membuat Game di Cody App Academy

Di negara Amerika Serikat sedang digalakan program untuk mengajarkan anak agar belajar programming sedari kecil. Founder-founder ternama perusahaan IT di dunia seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Larry Page, serta yang lain mendorong agar pemrograman dijadikan sebagai bagian dari kurikulum. Bahkan Barrack Obama juga mencoba belajar untuk merangkai kode.

Belajar pemrograman sangat bermanfaat bagi anak, terutama untuk melatih logika dan kemampuan problemsolving. Namun tentu tantangannya adalah bagaimana mengajarkan anak kecil pengetahuan tentang algoritma dengan cara yang menyenangkan. Sebuah lembaga pelatihan membuat game untuk anak-anak dan mencoba memberikan solusi untuk mengasah kemampuan logika anak melalui game Cody App Academy.

Info menarik: Adobe Document Cloud Ingin Merevolusi Cara Kita Menghadapi Dokumen

Game Cody App Academy merupakan sebuah gamepuzzle sederhana yang mudah untuk dimainkan. Di game ini, kita akan memerankan seorang anak yang ingin mendapatkan botol minumnya. Untuk bisa mencapai botol minumnya tersebut, akan terdapat tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

Karakter yang kita mainkan akan memiliki berbagai aksi seperti berjalan dan melompat. Di awal permainan, kita akan diberi sebuah blok mirip seperti lego yang bisa kita susun.

Tiap blok akan mewakili aksi yang akan dilakukan. Misalkan untuk mencapai botol minum, kita harus berjalan tiga langkah. Maka kita harus menyusun blok aksi bertuliskan “walk” sebanyak tiga blok. Setelah itu, kita bisa menekan tombol mulai untuk melakukan aksi yang kita susun di dalam blok tersebut.

Lalu apa hubungannya dengan belajar pemrograman dan membuat game? Blok yang kita susun sebenarnya merupakan representatif dari algoritma yang dipakai untuk membangun sebuah program. Susunan blok ini juga merupakan skema yang digunakan di aplikasi untuk pengembangan game bernama Tynker. Jadi dengan memainkan game ini, anak bisa belajar logika pemrograman sekaligus menjadi lebih familiar dengan tools pengembangan game.

Game Cody App Academy terlihat dikembangkan dengan baik dari sisi visual maupun gameplay. Gambarnya lucu dan temanya pas untuk anak-anak. Lalu tersedia pula berbagai pilihan level yang bisa dimainkan. Ada tiga stage yang bisa kita pilih untuk mainkan dimana tiap stage terdapat 20 level.

Info menarik: Daftar Aplikasi Keamanan Personal yang Dapat Diunduh dengan Fasilitas Potong Pulsa

Game ini dikembangkan oleh developer lokal bernama Solite Studio, studio dibalik game Save the Hamster yang sukses juara di Imagine Cup, tidak heran jika game ini dikembangkan dengan sangat baik.

Ada beberapa hal yang menurut saya bisa dikembangkan lagi dalam aplikasi ini, salah satunya adalah proses penempatan blok aksi yang masih cukup sulit dilakukan karena ukuran blok dan keterangan bloknya yang terlalu kecil. Terkadang proses draganddrop kurang lancar untuk dilakukan dengan mudah.

Lalu dari sisi animasi, pergerakan karakter Cody bisa dipoles lagi agar lebih halus dalam berjalan dan melompat. Di luar hal itu, game ini sudah sangat baik dan cocok untuk dimainkan oleh anak-anak.

Bagi yang ingin memainkan game ini, Cody App Academy the Game sudah tersedia di Windows Phone Store dan Google Play. Jika tertarik untuk mengajak anak Anda belajar membuat game di Cody App Academy, Anda bisa juga mendaftarkan Anak Anda di game ini. Cody App Academy sendiri merupakan tempat kursus bagi anak-anak untuk belajar coding.

Jadi tunggu apa lagi, segera unduh dan mainkan game ini untuk melatih kemampuan logika dan algoritma dengan cara yang menyenangkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again