1. Startup

Beoscope : Layanan Video Lokal

Untuk anda para penggemar YouTube, ada untungnya kalau anda mencoba layanan serupa bikinan anak bangsa. Terdengar nasionalis? patriotis? Memang harus begitu biar bangsa bisa maju.

Beoscope, sebuah startup yang bergerak di bidang video hadir untuk mengalahkan pamor Youtube, di tingkat nasional tentunya. DailySocial kemarin melakukan wawancara dengan contact person BeoScope, dan berikut isi wawancara tersebut.

Nama dan jabatan di BeoScope?

Yudiman , media relation dan promosi beoscope.com
Cerita singkat mengenai beoscope? kapan berdiri, founder, owner, karyawan?
Beoscope soft launch tgl 18 Januari 2008, brainstorm awalnya Juni 2007, foundernya salah satunya Suryatin Setiawan yang mengumpulkan beberapa kawan untuk urunan mendanai  beoscope.com. Karyawan beoscope.com yang tetap 8 orang bisa dilihat di http://www.beoscope.com/watch.php?id=20080001145 , sisanya adalah free lancer para pendukung dan penggemar beoscope.com yang jumlahnya 4000 an sekarang ini dan setiap bulan rata2 nambah 300 an orang dari seluruh Indonesia. Beoscope bukan youtube kecil , punya warna dan niat Indonesia yang kental dan banyak fitur khas yang akan unik di beoscope.com
Latar belakang Beoscope didirikan?
Kita2 merasa risih dan aneh bahwa video2 tentang Indonesia dari jaman dulu adanya di perpustakaan Leiden Belanda dan sekarang adanya di Youtube doang. Kita ini kan negara berpenduduk ke 4 terbesar di muka bumi .... kok kekayaan arsip, kreasi dan produk video nya dikumpulkan di luar . Jadi beoscope.com ingin menjadi arsip dan sumber informasi utama dalam bentuk video untuk semua hal tentang Indonesia ... on-line lagi ... dan videonya disumbangkan dari seluruh Indonesia. Begitu harapannya ke depan nanti sih. Moga2 berhasil.
Konsep "Nasionalisme" yang diusung cukup bagus, apakah berhasil?
Kita bersyukur pengunjung beoscope sehari cukup seru. rata2 viewing hit 2500 an sehari, dan beoscoper nya nambah terus. Jumlah video yang sudah tersedia setelah 10 bulan ini sudah empat ribuan dan beoscope.com adalah satu2 nya situs video sharing yang isisnya ttg Indonesia. Kalau ada orang Indonesia di luar negeri yang upload maka masuk ke rubrik beos Oleh-oleh. Beoscope jadi tempat pamer / etalase film pendek ,kreasi video pribadi dan para animator dan motion graphics Indonesia dan sama2 kita akan maju dan tampil serta menghasilkan.
Strategi marketing Beoscope? karena sepertinya kurang nge-buzz di dunia internet.
beoscope memang belum beken.... tapi secara rutin menyelenggarakan workshop gratis di sekolah2 SMA dan publik di berbagai kota besar di Jawa tentang video making and video sharing dengan praktek langsung , ini terus dilakukan.  Selain itu beoscope.com sudah Search engine optimized sehingga kalau di-google keluarnya di dua top link ttg video streaming Indonesia. Di FS dan FB juga ada posting beoscope.com : http://profiles.friendster.com/67386203http://www.facebook.com/pages/Beoscope-DotKom/11956323468?ref=ts

Catatan penulis :

Saya benar-benar terkesan dengan idealisme yang diusung beoscope, dan tentunya kita memang harus bangga dengan produk buatan sendiri. Sukses terus buat Beoscope!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again