• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Bekerja Sama dengan KotaGames, XL Axiata Hadirkan Game dengan Harga Murah (Updated)

Bekerja Sama dengan KotaGames, XL Axiata Hadirkan Game dengan Harga Murah (Updated)

Posted by
Andi Miftachul

March 15, 2012

Senin kemarin, bertempat di kantor XL Axiata di Menara Prima Jakarta, XL Axiata mengumumkan kerja samanya dengan The Mobile Gamer dan beberapa pengembang game. Dengan kerja sama ini, pengguna XL akan bisa mengakses social game berbasis WAP, KotaGames, dengan biaya yang murah.

Seperti ditulis oleh Kompas Tekno, pengguna XL cukup membayar Rp 250 (belum PPN) untuk 12 jam permainan atau Rp 550 (termasuk PPN) untuk 24 jam permainan. Sesudahnya, pengguna dapat secara bebas menggunakan kuota tersebut tanpa harus membayar lagi biaya GPRS untuk mengakses game tersebut.

KotaGames adalah sebuah jejaring sosial untuk bermain game besutan The Mobile Gamer. Dalam keterangan di situsnya, KotaGames menyebut bahwa penggunanya tidak hanya bisa bermain game, tetapi juga bisa saling berinteraksi, berteman, mengirim pesan, dan memasang status layaknya jejaring sosial lainnya. Muara Sipahutar, Business Development Manager The Mobile Gamer, menyebut bahwa KotaGames sudah diluncurkan sejak Oktober tahun lalu dan dapat diakses oleh pengguna secara gratis hanya berbekal pulsa untuk biaya GPRS.

KotaGames dapat diakses oleh semua jenis telepon, termasuk featured phone dengan menggunakan browser. Saat ini, di dalam KotaGames telah terdapat 6 game, yakni Demon Hunter, Monster Fight, Hermit Defense, Meteor City, Fun Factory dan Club Wars Advance. Kecuali Meteor City yang merupakan buatan Agate Studio, semua game tersebut merupakan buatan dari The Mobile Gamer sendiri. Dengan berfokus merilis game bergenre RPG, action, dan strategy, KotaGames mentargetkan laki-laki berusia 13 – 34 tahun sebagai penggunanya.

(Update: koreksi untuk paragraf terakhir, lihat bagian bawah artikel) Untuk menambah jumlah dan jenis game yang ada dalam KotaGames, XL Axiata dan The Mobile Gamer berhasil menggandeng EA, Gameloft dan Squarenix. Bersama developer game lokal seperti Toge Productions, Agate Studio, Gamemachi dan Credoland, 3 developer game global tersebut akan memperkaya konten dalam KotaGames dengan game-game buatan mereka. Muara berharap, pada kuarter ketiga tahun 2012 ini, KotaGames bisa menjadi semacam platform mobile game yang bisa menghadirkan game-game berkualitas untuk pengguna tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara dan India.

Update: 

Kami mendapatkan koreksi untuk kerja sama yang dilakukan tentang ketersediaan game atas kerja sama XL dengan KotaGames dan pengembang game lain termasuk pengembang game lokal. KotaGames memiliki koleksi game sendiri dan XL juga menjalin kerja sama dengan pengembang game lain baik global maupun lokal.

Selain dengan KotaGames, XL Axiata juga bekerja sama dengan beberapa pengembang lain seperti EA, Gameloft dan Squarenix, juga dengan pengembang game lokal yakni Toge Productions, Agate Studio, Gamemachi dan Credoland. Menurut Andrew Budianto, Hunter Guild Master (Chief Marketing Officer) Agate Studio, Agate sedang mengembangkan game baru dan melakukan porting game lain yang telah ada untuk kerja sama ini. Rilis game-game ini akan dilakukan secepatnya.

Menurut Muara Sipahutar, tidak semua game dari pengembang dimasukkan dalam KotaGames, para pengembang game ini menjalin kerja sama yang berbeda dan terpisah dengan XL Axiata. Bisa dikatakan kerja sama yang terjadi adalah antara XL dengan KotaGames dan berbagai pengembang game lain. Hal senada juga dikatakan Andrew Budianto dari Agate Studio, kerja sama yang dijalin antara Agate dan XL ini merupakan kerja sama untuk mengembangkan games untuk XL bukan untuk KotaGames.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×