1. Startup

Bekasi Kini Punya Patriot Operation Center untuk Pantau Laporan Warganya (Updated)

Konsep yang mirip dengan Jakarta City Lounge dan Bandung Command Center

Bekasi menyusul Bandung dan Jakarta dalam penerapan konsep smart city dengan meluncurkan Patriot Operation Center (POC). Salah satu fungsi POC ini adalah mengelola layanan pelaporan dan aspirasi warga yang terintegrasi melalui aplikasi Pelaporan Online Terpadu (POT) dan  Smart Online Reporting and Observation Tools (SOROT).

Dengan POC berkonsep yang kurang lebih sama dengan Bandung Command Center dan Jakarta City Lounge, Bekasi mencoba memberikan inovasi untuk mewujudkan Bekasi yang lebih aman, nyaman, dan berkelanjutan dengan dukungan teknologi, peningkatan sumber daya manusia dan tata kelola yang lebih baik.

POC ini sendiri berjalan di atas sebuah platform yang dinamakan System Platform (SSP) dan didukung oleh berbagai aplikasi khas Smart City. SSP sendiri merupakan sebuah platform seamless integration sehingga memungkinkan seluruh kota terintegrasi. Platform ini dikembangkan oleh ITB dan Telkomsel.

"Platform ini merupakan dasar dari pembangunan Bekasi Smart City yang terintegrasi. Saat ini sudah dimulai dengan berbagai komponen awal kota seperti  kondisi kesehatan, lingkungan , ekonomi maupun beberapa lalu lintas kota," ungkap Ketua Tim Peneliti Smart City ITB Suhono Harso Supangkat seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Saat ini ada dua aplikasi ujung tombak dalam rangkaian sistem terintegrasi ini. POT dan SOROT. Keduanya disiapkan sebagai media melaporkan kejadian atau aspirasinya kepada pemerintah kota Bekasi. POT dikembangkan oleh Pemkot Bekasi, sedangkan SOROT dikembangkan dari hasil penelitian di ITB.

[Baca juga:ITB dan Telkomsel Bangun Platform Smart City]

Laporan atau aspirasi warga yang disalurkan dari dua aplikasi tersebut akan terintegrasi dengan POC, sehingga Walikota Bekasi dapat memantau dan segera menindak lanjuti laporan atau aspirasi warga dengan cepat.

"Ini masih tahap awal, karena baru menyangkut platform. Banyak dinas yang belum siap , baik infrastruktur maupun ekosistemnya atau  kesiapan sumber daya manusia dan kecukupan tata kelolanya. Selanjutnya pembangunan dillakukan ke beberapa digitalisasai proses lifestyle di beberapa sektor melalui pendekatan gotong royong atau lebih populer disebut co-creation. Termasuk analisis kota melalui big data dan sensor kota," jelas Suhono.

Pemerintah Kota Bekasi juga jalin kerja sama dengan Qlue

Selain dua aplikasi di atas sistem POC dari Pemkot Bekasi juga mengakomodir pelaporan melalui aplikasi Qlue. Aplikasi yang juga digunakan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta untuk sistem pelaporan warganya.

Dari data yang sudah terhimpun, Qlue merilis data aspirasi masyarakat Kota Bekasi periode 11 November 2015 hingga 3 Maret 2016. Dari data tersebut pelaporan masalah terbanyak mengenai iklan liar, dikuti dengan pelanggaran, mengenai sampah, jalan rusak dan fasilitas umum.

Dari total 2.216 laporan yang masuk di Qlue, ada tiga masalah utama yang paling banyak disoroti oleh warga di antaranya iklan liar sebanyak 673 laporan (30,4%), pelanggaran sebanyak 452 laporan (20,4%), dan sampah sebanyak 285 laporan (12,9%).

“Kami senang karena Qlue menawarkan kesempatan untuk dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah kota Bekasi dan menjadi bagian program Bekasi Smart City”, ungkap VP Marketing Qlue Ivan Tigana.

Bekasi adalah contoh selanjutnya dari pemerintahan yang peduli dengan perkembangan teknologi dan berusaha mengadopsinya untuk membantu mengelola pemerintahan. Kerja sama yang terjalin dengan pihak ITB juga menggambarkan pentingnya pemerintah berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk membuat kota atau daerah menjadi lebih baik.

Update : Informasi mengenai Qlue.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again