• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Beberapa Perkembangan Dari Google, Mulai dari Google Translate, Blogger, Google Reader dan Berita Akuisisi

Beberapa Perkembangan Dari Google, Mulai dari Google Translate, Blogger, Google Reader dan Berita Akuisisi

Posted by
Wiku Baskoro

September 2, 2010

Akhir minggu kemarin serta awal mingu ini cukup banyak perkembangan yang dilakukan Google atas aplikasi mereka atau yang berkaitan dengan akuisisi. Beberapa diantaranya telah ditulis oleh DailySocial, seperti Priority Inbox yang bisa mengubah cara Anda memperlakukan email yang Anda terima.

Berikut beberapa perkembangan lain yang dilakukan Google, meskipun beberapa perkembangan terjadi tengah-akhir minggu lalu, tetapi DailySocial belum pernah membahasnya.

Google Translate ubah tampilan. Google merilis beberapa perubahan dari layanan Google Translate dalam tujuan untuk memudahkan proses penerjemahan teks, halaman web serta dokumen.

Tampilan Google Translate pun kini melebar. Jika sebelumnya kotak terjemahan ada dibagian tengah dan pilihan bahasa serta hasil terjemahan ada dibagian bawahnya, kini tampilan Google Translate menyamping, dengan kotak terjemahan ada dibagian kiri dan nantinya hasil terjemahan akan berada disebelahnya.

Pada halaman awal Google Translate dibagian bawah kini juga muncul beberapa pilihan yang disediakan Google untuk memberikan informasi tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh Google Translate, seperti melakukan pencarian lintas bahasa di Google menggunakan Google Translate, layanan untuk menerjemahkan email di Gmail, atau menggunakan Google Translate di ponsel.

Pengumuman lengkap bisa di cek di tautan ini.

Blogger Stats untuk layanan Blogger telah dirilis untuk semua pengguna. Setelah sebelumnya teredia di Blogger in Draft, kini Blogger Stats telah dirilis untuk publik dan bisa dinikmati oleh semua pengguna Blogger.

Blogger Stats merupakan fasilitas yang menyediakan real-time statistic yang terintegrasi secara penuh dengan Blogger, yang memungkinkan Anda untuk tidak usah lagi menambahkan alat statistik lain di blog Anda.

Fitur ini bisa ditemukan di salah satu tab pada dashboard blog Anda. Blogger Stats akan memberikan beberapa layanan seperti real-time tracking yang akan memberikan data, dimana setiap kali blog Anda dilihat oleh pengunjung, Anda bisa melihat perubahan ini (hampir) secara langsung. Fasilitas lain seperti, analisis mendalam tentang pengunjung blog, serta UI yang memberikan kemudahan ketika data yang ada sedang dibaca.

Blogger Stats kini tersedia untuk lebih dari 40 bahasa. Pengumuman lengkap bisa dilihat di tautan berikut.

Blog Finder di mesin pencari Google. Seperti yang dituliskan oleh ReadWriteWeb, Google ‘secara diam-diam’ telah meluncurkan fitur baru, yaitu fasilitas untuk melakukan pencarian atas berbagai blog dari berbagai topik.

Pengumuman tentang hal ini diumumkan oleh Google sekitar tengah minggu lalu. Kini pada halaman utama Google, ketika Anda telah mengetikkan kata kunci tertentu, Anda kemudian bisa mencari hasil pencarian dengan kata kunci yang Anda gunakan hanya untuk kategori blog saja. Pilihan ini bisa ditemukan di drop down menu pada bagian kiri halaman awal Google Search.

Sebenarnya ada layanan lain untuk mendapatkan hasil pencarian untuk konten atau kategori blog, yaitu menggunakan Google Blogsearch, namun pencarian dengan fitur ini berbeda dan menghasilkan hasil yang berbeda pula. Namun, masih seperti yang tuliskan ReadWriteWeb, hasil pencarian dengan kata kunci yang berbeda, akan menghasilkan tingkatan keberhasilan pencarian yang berbeda pula.

Google Docs kini ‘mirip’ Google Wave. Seperti yang dituliskan oleh ReadWriteWeb, Google Docs kini punya citarasa dari Google Wave, yaitu dengan penambahan pada fungsi kolaboratif. Kini jika Anda menggunakan Google Docs untuk bekerja kolaborasi, ketika rekan Anda melakukan perubahan pada teks, misalnya menyorot sebuah kata atau kalimat untuk menghapus atau memindahkan kata/kalimat ini, maka Anda juga bisa melihat teks yang sedang di highlight tersebut, sebelum terjadi perubahan.

Info lengkap tentang fasilitas dari Google Docs ini bisa dilihat di tautan berikut.

Perkembangan dari Google Wave. Meski sudah diberitakan tamat, namun ada beberapa perkembangan dari layanan Google yang satu ini. Google menekankan bahwa Wave akan tetap tersedia, setidaknya sampai akhir tahun ini, serta nantinya akan disediakan cara untuk melakukan export wave dari berbagai wave yang telah disusun pengguna Google Wave, tentunya sebelum layanan ini benar-benar di tutup.

Google juga menambahkan bahwa mereka akan terus mencari cara untuk melanjutkan dan memperluas teknologi yang ada di Google Wave ke dalam produk Google yang lainnya, meng-open source-kan lebih banyak kode serta menyediakan dukungan untuk pengguna loyal mereka.

Layar penuh di Google Reader. Pembaruan fasilitas juga dilakukan Google pada layanan Google Reader, akhir minggu kemarin Google mengumumkan bahwa kini pengguna bisa menampilkan Google Reader dalam format satu layar penuh dengan menekan huruf ‘f’, sehingga memberikan kenyamanan bagi penguna yang ingin melihat konten yang ada di Google Reader secara lebih leluasa. Setelah tampilan Google Reader berubah, Anda juga bisa menghilangkan atau memunculkan panel navigasi dengan menekan tombol ‘shift’ ditambah dengan menekan tombol ‘u’.

Selain perkembangan yang berhubungan dengan fitur, Google juga cukup sibuk dengan proses akuisisi, setidaknya ada dua, Angstro dan Social Deck. Angstro, seperti yang dituliskan oleh VentureBeat, merupakan startup yang mengembangkan aplikasi yang menarik atau mengumpulkan informasi penting dari berbagai jejaring sosial. Produk mereka antara lain, aplikasi untuk menemukan foto apa yang sedang populer di Facebook dan membuat buku tamu sosial yang bisa digunakan secara real-time.

Google juga melakukan akuisisi atas Social Deck, sebuah perusahaan yang membuat platform yang bisa digunakan untuk bermain game di semua perangkat. Seperti yang dituliskan oleh Google Operating System, sepertinya Google ingin membuat sebuah platform untuk social gaming yang akan bisa diakses dan dimainkan dari berbagai perangkat, seperti Android, iPhone, komputer, atau diberbagai layanan ‘akan datang’ dari Google seperti Chrome OS tablet atau Google Me.

Kedua akuisisi ini, bisa dipastikan untuk memperkuat sisi sosial dan permainan yang, beberapa bulan ini terus digenjot oleh Google. Apakah mungkin produk baru Google yang menyentuh sisi sosial dan permainan akan segera datang? Kita tunggu perkembangannya.

Itulah beberapa perkembangan dari Google baik yang berkaitan dengan fitur, layanan serta akuisisi. Semoga memberi informasi tambahan bagi pada pembaca DailySocial. Ada perkembangan yang terlewat oleh saya, Anda bisa menambahkannya pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×