1. Startup

Bangun Startup, Jauhkan Investor!

Membangun sebuah startup memang tidak semudah membalik telapak tangan, dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit. Kemampuan manajemen sudah mutlak dimiliki oleh seorang startup founder, apalagi kalau seorang founder memilik keberanian yang cukup untuk menolak investor.

Sejak beberapa minggu kemarin saya sering kali membahas mengenai investor dan cara pandan mereka, apakah saya menganjurkan anda untuk mengejar-ngejar investor untuk meletakkan uang di hadapan anda? Tentu tidak. DailySocial, startup saya tercinta ini, merupakan salah satu produk hasil bootstrapping.

Apa sih bootstrapping itu? Jawaban cepatnya adalah, membangun sebuah startup tanpa campur tangan VC. Jawaban rincinya silahkan lihat-lihat di Wikipedia. Memangnya bisa membangun sebuah startup tanpa VC? Tentu bisa.

Threadless, situs komunitas designer kaos dan situs ecommerce t-shirt yang fenomenal itu merupakan salah satu startup yang dibangun oleh foundernya hanya dengan modal USD $1000. Jake Nickell, seorang pemuda 20 tahun yang mendalami programming dan seni memenangkan uang sejumlah $1000 dari sebuah lomba design t-shirt yang dia ikuti. Dengan modal $1000 itulah dia membangun sendiri sebuah website dimana semua orang bisa mengirimkan design t-shirt miliknya dan design yang paling populer akan dicetak dan dijual di website tersebut, threadless.com.

Pada akhirnya, threadless memang mengambil dana dari investor namun hal itu terjadi ketika threadless sudah menghasilkan puluhan juta dollar per tahun, jelas saja para VC berebut untuk membeli saham kepemilikan disana. Hal ini bukannya tanpa perjuangan, Jake benar-benar dipaksa untuk memanfaatkan $1000 itu dengan baik untuk keperluan pribadinya selama proses pengembangan threadless. Manajemen yang baik adalah kuncinya.

You are the CEO, you are the Finance Manager, you are the Sales & Marketing, you are the programmer, you are the designer and you are also the janitor. You are what your company needs you to be.

Ada beberapa alasan untuk seorang entrepreneur memilih bootstrapping daripada mendatangkan investor. Pertama karena para foundernya tidak ingin melepas saham kepemilikan dan pengambilan keputusan, meskipun dibayar dengan uang. Biasanya para founder yakin betul bahwa mereka memiliki ide yang brilian dan mampu berjalan dengan baik tanpa bantuan dana dari VC.

Alasan kedua adalah karena idenya belum terlalu jelas di mata para investor VC, namun para founder bertekad untuk maju terus pantang mundur mengembangkan startup dengan biaya seadanya. Apapun alasan anda untuk bootstrapping, it's a good decision. DailySocial.net is bootstrapped, and I'm happy with it! It's hard, but I'm happy with it.

Dana dari VC memang nantinya bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari marketing, pemutakhiran produk, value added services dan lain-lain. Lalu bagaimana caranya mengatasi kekurangan tersebut? Partners. Ber-partner-lah dengan sebanyak-banyaknya orang (dalam konteks startup anda sendiri), mutual partnership dimana kedua belah pihak sama-sama diuntungkan tanpa harus keluar terlalu banyak biaya. It's a very healthy mutual relationship untuk membangun jaringan anda.

Jadi anda saat ini sedang memikirkan konsep untuk sebuah startup yang menurut anda brilian, namun anda tidak memiliki resource yang memadai untuk membangun prototype startup tersebut. Solusi paling efektif : cari co-founder yang mengerti teknis. Lebih baik lagi jika anda belajar mendalami kemampuan teknis dan  turut membantu mengembangkan prototype bersama co-founder anda. Namun ingat, memilih co-founder tidak bisa sembarang. Harus ada chemistry!

Lalu kalau tidak ada co-founder yang tepat? Ya belajar kemampuan programming secepatnya dan kerjakan sendiri prototype situs anda seperti yang anda mau. Tidak mau belajar? Ya kumpulkan uang sebanyak-banyaknya, pinjam ke bank atau bongkar tabungan pribadi, bahkan tidak jarang ada startup yang dibootstrap menggunakan uang pinjaman dari keluarga dan lain-lain. Work it out as best as you can.

Terlalu berat untuk anda? Well, no one said it's going to be easy.

ps: I'm currently bootstrapping my other startup, wish me luck! :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again