1. Startup

BakoelTiket.com, Layanan Online Ticketing

Satu lagi startup dari Jogjakarta yaitu BakoelTiket.com. Namanya cukup unik, diambil dari kosa kata bahasa jawa yaitu bakul yang berarti penjual, kemudian diubah dengan ejaan lama menjadi bakoel. BakoelTiket jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah penjual tiket. BakoelTiket adalah layanan online ticketing pesawat yang mungkin berbeda dengan layanan online ticketing pada umumnya.

Menurut email yang saya terima, Teddie Dian Patria founder BakoelTiket.com meng-klaim bahwa ini adalah situs pertama di Indonesia yang menggabungkan beberapa maskapai untuk compare dan bisa melakukan pembelian tiket pesawat realtime 24 jam tanpa orang di belakang layar. Layanan online ticketing BakoelTiket.com untuk saat ini hanya dapat melayani reservasi beberapa maskapai saja, seperti LionAir, Batavia Air, Merpati Air, dan Garuda Indonesia. Untuk maskapai lainnya dan tiket kereta api masih dalam taraf pengembangan.

Ketika saya mengakses BakoelTiket.com akan langsung menuju dihalaman “Home” dan sepintas dipikiran saya ini adalah sebuah blog, bukan layanan online ticketing. Setelah saya telusuri lebih lanjut BakoelTiket.com menggunakan WordPress. Setelah itu saya menuju ke halaman “Tiket Pesawat Murah”, pengunjung yang menuju halaman ini pasti akan berpikir bahwa isi dari halaman tersebut adalah daftar harga tiket pesawat murah, ketika saya buka ternyata isi dari halaman ini adalah perkenalan tentang startup ini. Mungkin di website lain seperti isi di halaman “About” atau semacamnya.

Masih pada halaman “Tiket Pesawat Murah”, di poin ketiga terdapat potongan kalimat “kemudian pilih menu register” dan di poin keempat potongan kalimat “form registrasi bakoeltiket” yang keduanya seharusnya di-redirect ke halaman atau form registrasi, akan tetapi potongan kalimat tersebut di-redirect ke halaman Home. Pengunjung pasti akan dibingungkan dengan adanya hal ini.

Di halaman “Cari Ticket Pesawat”, kita akan disuguhi form login dan form registrasi untuk menjadi member. Beberapa hari yang lalu Saya sudah mencoba register di layanan online ticketing ini. Form sudah saya isi dengan benar dan saya meng-klik tombol register, akan tetapi saya tidak mendapatkan konfirmasi balik di email yang saya gunakan untuk register. Otomatis saya tidak mendapatkan password dan tidak dapat login untuk menggunakan layanan online ticketing ini.

Di pojok kanan bawah BakoelTiket.com, terdapat live chat dengan Customer Service BakoelTiket.com, layanan live chat ini bisa kita gunakan tetapi mereka hanya dapat melayani ketika pada jam kerja saja. Setelah itu saya konfirmasi kepada CS yang sedang menggunakan live chat tersebut bahwa saya sudah register tetapi tidak mendapatkan konfirmasi email untuk mendapatkan password supaya dapat login dan menggunakan layanan dari BakoelTiket ini. Dan Customer Service langsung menanggapi dengan cepat.

Sebenarnya BakoelTiket.com adalah salah satu startup yang memecahkan sebuah masalah dalam reservasi tiket pesawat. Akan tetapi dari UX maupun UI nya akan susah untuk dipahami bagi para pengunjung yang mengunjungi situs ini. Sebagai pengunjung yang awam, Saya sangat kebingungan untuk menggunakan layanan BakoelTiket.com ini. Seharusnya layanan seperti ini dari harus User Friendly dan mudah untuk digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi BakoelTiket.com

Bonang Setoaji, yang akrab dipanggil Bon adalah kontributor DailySocial di Jogja, mahasiswa STIMIK AMIKOM Yogyakarta ini mulai tertarik pada dunia IT sejak SD. Bon yang memiliki hobi belajar pemrograman, desain grafis, fotografi, dan bersepeda ini juga aktif di komunitas @Friday_Ride dan @bancakan di Jogja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again