1. Startup

Badan Informasi Geospasial Sediakan Data Geospasial Indonesia Secara Online

Badan Informasi Geospasial (dulu bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)) menghadirkan layanan peta Indonesia melalui situs TanahAir.Net. Tidak hanya peta, situs ini memuat banyak data geospasial Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.

Layaknya Google Maps atau Bing Maps, situs Ina-Geoportal Badan Informasi Geospasial (BIG) merupakan situs online yang menyediakan peta dasar bagi publik meliputi jalan, gunung, ketinggian daratan, batas wilayah, garis pantai dan sebagainya. Meskipun baru akan dirilis secara resmi tahun 2013, layanannya kini sudah dapat dinikmati.

Kepala Bidang Metadata BIG, Antonius Bambang Wijanarko, seperti dikutip oleh AntaraNews bahkan mempersilakan pengembang aplikasi untuk menggunakan peta ini. Data geospasial yang terdapat dalam situs ini dijamin keakuratannya oleh BIG sendiri. Data ini juga terus menerus diperbarui oleh tim BIG sehingga sesuai dengan kondisi yang ada.

Ada 12 basemap yang dapat digunakan saat menjelajah peta Ina-Geoportal yakni Batas Administratif, Citra, Citra Label dan Nama Tempat, Jalan Utama, Topografi, OpenStreet Map, Kelerengan Rupa Bumi, Kelerengan Rupa Bumi dan Label, Relief Rupa Bumi, termasuk 3 basemap yang berasal dari peta Bing yakni Bing Maps Aerial, Bing Maps Hybird, dan Bing Maps Road.

Pengguna dapat membuat peta berdasarkan data-data geospasial yang disediakan oleh Ina-Geoportal dan menyimpannya dalam situs tersebut. Peta-peta yang dibuat oleh pengguna, dapat diakses oleh pengguna lain melalui galeri Peta. Terdapat juga galeri aplikasi web dan aplikasi mobile yang saat ini belum banyak tersedia.

Untuk melihat data peta nasional dan potensi aplikasi yang bisa dikembangkan, Anda bisa mengunjungi langsung halaman Ina-Geoportal di halaman ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again