1. Startup

Bekali Diri Dengan Aplikasi Backpacker Toolkit Sebelum Pergi Melancong

Mengakomodasi para pelancong yang baru saja menjajaki suatu wilayah tertentu, aplikasi Backpacker Toolkit yang dikembangkan oleh ElvBit Studio hadir sebagai solusi yang memberikan direktori dan utilitas digital untuk mereka yang membutuhkannya. Fitur-fitur yang disajikan terbilang cukup lengkap dengan memaksimalkan segala keunggulan fungsi smartphone masa kini, terutama location service.

Aplikasi Backpacker Toolkit ini memiliki konsep kerja yang sederhan. Di halaman utamanya pengguna bisa langsung melakukan swipe kiri atau ke kanan untuk mengakses fitur-fitur yang tersedia.

Fitur utama ialah opsi Place. Pengguna bisa mengakses direktori tempat umum yang tersedia dalam 22 kategori. Setiap kategorinya memberikan daftar tempat yang terdekat dengan posisi terkini pengguna, tap untuk melihat detil informasi suatu tempat. Tidak cukup sampai di situ, dalam kategori yang telah dipilih pengguna bisa memanfaatkan fitur Around Us yang menampilkan peta secara luas guna menunjukkan tempat-tempat di sekitar pengguna. Aplikasi ini juga menyediakan kolom pencarian berdasarkan query jika dianggap masih belum tepat.

Terdapat pula menu Weather untuk melihat cuaca, suhu, dan kecepatan angin yang disediakan oleh World Weather. Menu lainnya ialah Compass, Flashlight, Translator, dan Where Am I.

Perlu diberi catatan bahwa aplikasi ini menggunakan API (Application Programming Interface) yang cukup banyak, termasuk Google, Bing, dan World Weather. Aplikasi ini membutuhkan koneksi Internet dan location service yang konstan, sehingga Backpacker Toolkit cukup banyak mengkonsumsi daya baterai. Mengingat keterbatasannya tersebut, konsep “backpacking” yang coba didukung oleh aplikasi ini nampaknya hanya sebatas di kota-kota besar dengan akses Internet yang baik dan tempat persinggahan untuk mengisi ulang daya baterai gadget pengguna.

Jika harus memberikan saran ke pada tim pengembang, ada baiknya mereka membenahi transisi scrolling di daftar Place yang sedikit kurang halus dengan sentuhan animasi yang lebih rapi. Selain itu, saat ingin bergeser ke kiri saat di peta dalam fitur Where Am I, pengguna justru sering kali membuka menu di tab kiri dengan tidak sengaja.

Aplikasi Backpacker Toolkit untuk Android bisa diunduh di MoboMarket.

-

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser. http://goo.gl/WKlc5i

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again