Opini 

Astaga! Pemain Lama Yang Masih (Ingin) Survive

Astaga! Pemain Lama Yang Masih (Ingin) Survive

Posted by
Rama Mamuaya

October 21, 2009

Masih ingat Astaga.com? Ya, situs lawas yang merupakan salah satu pemain awal di era dotcom bubble ini masih ada dan sepertinya masih berdenyut meskipun sepertinya masih lemas. Astaga yang dulu merupakan salah satu portal dotcom yang mengusung konsep entertainment ini awal bulan lalu meluncurkan versi terbaru dari situsnya tersebut.

Situs yang pertama kali online 28 Mei 1999 ini sempat mencoba menambahkan berbagai fitur baru seperti fitur jejaring pertemanan 7circles yang sepertinya kurang tinggal landas dengan baik. Tampilan 7circles sendiri masih belum berubah, ternyata yang di-redesign hanya channel front astaga.com saja.

Selain dari pergantian sepertinya tidak banyak yang berubah dari Astaga.com, kanal dan fitur yang sama masih ada dan belum tampak adanya penambahan killer feature yang baru. Bahkan sepertinya usaha untuk meng-embrace situs lain yang sedang populer (facebook dan twitter) sepertinya masih ditolak oleh Astaga.

Ada satu fitur yang sepertinya lumayan diunggulkan oleh Astaga, yaitu fitur Channel Your News dikutip dari blog Aan Afdi, salah satu anggota tim Astaga :

Chanel Your News yang merupakan user generated content juga kami pertahankan. Chanel ini khusus diisi oleh member yang ingin me-republish artikel yang ada pada blognya, atau untuk lebih mempromosikan tulisan yang ada diblognya. Yang dilakukan pengunjung hanya mendaftarkan saja blog atau web pribadinya ke yournews dan anda akan mendapatkan backlink dari Astaga!com ( PR 6 ) untuk tiap artikel yang dipublish di yournews. Selain itu artikel yang populer di yournews akan otomatis tampil dihalaman utama Astaga!com.

Hal ini sepertinya dilakukan Astaga.com mengingat jumlah blogger di Indonesia yang kian meningkat dan tentu saja Astaga.com tidak ingin ketinggalan hype-nya. At least fitur ini bisa membantu para blogger mendapatkan sumbangan traffic gratis dari Astaga.

Well, bagaimana pendapat anda mengenai Astaga! Reborn ini? Apakah benar-benar reborn dan mampu mendapatkan popularitasnya kembali?

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×