17 September 2012

by Amir Karimuddin

Maps di iOS6 Hadirkan Fitur Turn-by-Turn Navigation dan Local Search di Indonesia

Sistem operasi iOS 6 bakal hadir 19 September ini untuk semua perangkat mobile iOS yang eligible (setidaknya iPhone 3GS, iPod touch generasi keempat ataupun iPad 2). Salah satu hal yang menjadi highlight adalah penggunaan Maps baru Apple yang menggantikan Google Maps. Google Maps sebelumnya adalah aplikasi eksklusif yang hadir secara preload sejak iPhone pertama kali diluncurkan tahun 2007.

Sejumlah fitur keren Maps belum bisa dimanfaatkan di Indonesia, misalnya "3D Buildings in Navigation" yang baru hadir di Amerika Serikat. Meskipun demikian, jangan khawatir karena ada sejumlah fitur menarik yang bakal dinikmati penggunanya di Indonesia. Dua hal tersebut adalah Turn-by-Turn Navigation dan Local Search. Kami mensinyalir kehadiran dua fitur itu di Indonesia difasilitasi kerjasamanya dengan Tomtom sebagai salah satu pemain ternama di teknologi GPS.

Turn-by-Turn Navigation adalah teknologi yang ada di perangkat GPS untuk menavigasi pengemudi mencapai tujuan saat menyetir. Misalnya kita ingin menuju Plaza Senayan dari kawasan Pondok Indah, fasilitas ini akan membantu kita mengatur rute perjalanan, termasuk pemanduan (dalam bentuk suara) kapan kita perlu belok kiri atau kanan. Seandainya di suatu lokasi kita ingin mengubah rute, misalnya terjadi kemacetan, fitur ini akan mengkalkulasi ulang rute mana yang bisa diambil sebagai alternatif.

Kami belum mendapat informasi apakah fitur turn-by-turn navigation ini hanya berlaku untuk pengendara kendaraan bermotor ataupun ada juga yang ditujukan untuk pejalan kaki ataupun pengguna angkutan umum.

Fitur kedua adalah Local Search. Sesuai dengan namanya, kita bisa menggunakan Maps di iOS terbaru ini untuk mencari berbagai venue atau Point of Interest (PoI) di Indonesia. Mengingat Tomtom telah memiliki data yang cukup lengkap dan terus diperbarui di Indonesia (terutama di kota-kota besar) nampaknya bukan hal yang sulit bagi Apple untuk mengintegrasikannya ke dalam Maps.

Meskipun dua hal ini pastinya sangat membantu, ada satu wishlist yang kita ingin dapati di update Maps berikutnya yaitu ketersediaan offline maps seperti halnya di Nokia Drive.

Tunggu pengalaman penggunaan Maps yang baru di iOS6 dan bandingkan keakuratannya dengan Google Maps yang selama ini menjadi acuan.

[Sumber gambar: The Verge]