7 March 2013

by wiku

Aplikasi Path Versi Terbaru Dilengkapi dengan Fitur Private Messaging dan Stickers

Akhir Januari lalu Trenologi menuliskan sebuah artikel yang membahas rencana Path untuk menyiapkan virtual goods untuk dijual di layanan mereka. Nah, rencana Path itu telah hadir lewat pembaruan aplikasi ke versi 3.

Path versi 3 menghadirkan beberapa pembaruan seperti Private Messaging, Sticker serta toko barang digital. Private Messaging memberikan pengguna kesempatan untuk berkomunikasi khusus dengan relasi di Path, baik personal maupun grup dengan beberapa teman tertentu. Komunikasi yang bisa dilaukan termasuk teks, suara, stickers, lagu, buku, film, foto, video dan lokasi. Beberapa fitur ini dibuat untuk memudahkan pengguna berkomunikasi sesuai dengan konteks, misalnya ketika buru-buru pengguna bisa hanya memberikan lokasi dimana mereka beraada agar teman yang lain mengetahui Anda sedang dimana.

Stickers, layaknya di aplikasi pesan lain bisa digunakan untuk mengekspresikan percakapan dengan gambar. Path menyediakan dua paket stickers secara gratis dalam update ini, Anda yang menginginkan stickers lainnya bisa membeli di toko barang digital yang ada.

Path versi terbaru ini juga menyediakan toko yang menjual barang digital seperti stickers dan filter foto. Jadi pengguna bisa melakukan pembelian sitckers dan filter di satu tempat.

Langkah menyediakan layanan barang digital yang dijual ini cukup menarik untuk dicermati, memang Path telah menyediakan beberaa filter yang dijual selain filter foto gratis, namun kini barang digital yang disediakan ditambah, bersamaan dengan penambahan fitur yang ada di layanan mereka.

Stickers menjadi salah satu fitur favorit di layanan aplikasi pesan, Path sepertinya juga ingin mengambil momen ini. Path mungkin masih digunakan untuk berbagi momen, baik teks, lagu, foto dll, meski Anda bisa bercakap dengan relasi lewat pesan, namun dengan pembaruan kali ini, percakapan bisa menjadi salah satu fitur yang digunakan bagi pengguna Path dalam berkomunikasi dengan relasi mereka.

Path saat ini telah berumur 3 tahun, dan update kali ini sepertinya akan jadi babak baru dalam perjalanan aplikasi jejaring sosial personal yang membatas pertemanan hanya untuk 150 teman ini. Path versi 3 telah tersedia untuk pengguna iOS, sedangkan untuk Android akan segera diluncurkan.