1. Startup

Aplikasi Mobile Hello Doctor Beri Kesempatan Konsumen untuk Berkonsultasi dengan Dokter

Seperti kebanyakan layanan kesehatan berbasis online, aplikasi mobile Hello Doctor membantu memberikan informasi kesehatan terbaru bagi konsumen. Tak cuma berhenti di sana, Hello Doctor melangkah lebih jauh dengan memberikan fitur premium yang memungkinkan kita berkomunikasi langsung dengan dokter tentang masalah kesehatan yang kita alami, baik melalui menu Pesan Dokter maupun Telepon Dokter. Sayangnya, saat ini aplikasi mobile Hello Doctor baru tersedia untuk platform Android, meskipun menjanjikan ketersediaan di platform mobile lain dalam waktu dekat.

Hello Doctor adalah aplikasi yang dibuat oleh PT Victori Insan Profesional untuk menjawab kebutuhan konsumen yang ingin memiliki kesempatan berkonsultasi dengan dokter yang diinginkan di mana saja dan kapan saja -- tidak perlu mengantri berjam-jam dan harus datang ke klinik/rumah sakit untuk melakukannya. Menggunakan menu Pesan Dokter, setiap pertanyaan akan dijawab oleh dokter terkait dalam jangka waktu 2 jam. Sementara Telepon Dokter memungkinkan dokter menghubungi konsumen secara langsung setelah mengajukan pertanyaannya.

Bagi pengguna Telkomsel, untuk mengakses fitur premium ini adalah mendaftar melalui SMS ke 6768 atau menekan 50067# dari ponsel. Tersedia skema harian, mingguan, atau tahunan dengan biaya mulai dari Rp 2000 per hari. Pengguna operator lain tetap bisa berlangganan fitur ini dengan membayar Rp 55 ribu per bulan yang dibayarkan secara online menggunakan kartu kredit. Informasi lebih lanjut untuk pembelian akses fitur premium bisa dilihat di tautan ini.

Karena dokter tidak memeriksa konsumen/calon pasien secara langsung, tentu saja dokter tidak akan memberikan diagnosis atau memberikan obat secara langsung. Jika dokter yang dikonsultasikan tidak merasa memiliki informasi yang cukup atau menginginkan konsumen mendapatkan diagnosis lebih lanjut, mereka akan mengarahkan pengguna untuk mengunjungi fasilitas kesehatan yang diperlukan.

Tak hanya untuk konsumen, Hello Doctor yang bekerja sama dengan Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (Primkop IDI) juga merilis layanan media sosial khusus Hello Doctor 4 Drs untuk membantu dokter saling berkomunikasi dan mengakses data penelitian terbaru.

Perhatian kami tentang layanan ini ada dual hal. Pertama, sebaiknya Hello Doctor mencantumkan siapa saja dokter yang menjawab di situsnya untuk meningkatkan kredibilitas dan kenyamanan konsumen yang ingin melakukan konsultasi. Setiap dokter yang bekerja sama juga sebaiknya mencantumkan sedikit riwayat hidupnya (termasuk tempat bekerja/prakteknya) untuk mengetahui latar belakang dokter yang bersangkutan.

Kedua, pembuat layanan ini, menurut syarat dan ketentuannya, merupakan kepanjangan tangan usaha yang berbasis di Afrika Selatan. Seandainya terjadi perselisihan hukum terhadap operasional layanan ini, jurisdiksi yang disampaikan haruslah di arbitrasi yang ditunjuk di Cape Town, Afrika Selatan. Sangat wajar jika disclaimer di awal menyatakan layanan konsultasi langsung melalui Hello Doctor tidak akan memberikan diagnosis atau memberikan obat secara langsung untuk menghindari kemungkinan "kesalahan" di masa depan -- seperti halnya yang sering menjadi polemik malpraktek di negeri ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again