1. Startup

Aplikasi Keren Untuk Nge-blog

Perkembangan dunia tulis-menulis di internet sama cepatnya dengan perkembangan berbagai aplikasi yang terus bermunculan di dunia web 2.0 ini. demikian juga di Indonesia, pertumbuhan pengguna internet terus melesat, saat ini penggunanya sekitar 30 juta jiwa, masih kecil memang jika dibandingkan dengan jumlah seluruh penduduk yang ada di negara ini. Tapi perkembangan internet bisa sangat-sangat cepat, ini bisa dibuktikan dengan terus bertambahnya mereka yang menulis di dunia maya, salah satunya dengan fasilitas blog.

Kolaborasi adalah kunci web 2.0, dan salah satunya cara untuk mencapai konsep kolaborasi dengan menggunakan berbagai faslilitas -yang kebanyakan gratis- di internet. Salah satu aplikasi itu adalah fasilitas link share, yang kini telah menjadi salah satu aplikasi standar di blog-blog ternama. Apalagi dengan pertumbuhan Twitter dan Facebook yang terus meningkat.

Jika anda bertanya-tanya dan merasa iri kok blog-blog itu bisa begitu interaktif dan tampak keren, dan bertanya bagaimana caranya bisa menambahkan link share seperti yang sering anda lihat di blog-blog atau di media online terkenal seperti Mashable, Techcrunch dll, maka kini anda bisa meniru mereka dengan manambahkan kode-kode yang dibutuhkan.

Aplikasi itu beberapa diantaranya adalah Facebook Share dan Tweetmeme. Ini adalah beberapa aplikasi yang bisa ditambahkan di setiap ujung atau depan artikel anda sehingga para pembaca yang ingin membagikan tulisan anda pada teman-temannya di Facebook atau men-retweet-nya di Twitter bisa langsung, tinggal klik. Jadi anda bisa bergabung dengan para pengguna Twetmeme yang kini semakin banyak. Data dari compete.com, unique visitor mereka sekitar 18,244,542. Fungsi Twettmeme ini mirip bit.ly yang sering digunakan sebagai shorten url sehingga para penikmat Twitter bisa membagi-bagikan link tanpa harus menuliskan link mereka secara lengkap.

Jika bit.ly menampung link yang kita pendekan alamat url-nya, Facebook Share secara otomatis memposting link ke dalam akun Facebook kita, sehingga kita tidak perlu lagi meng-copy link pada aplikasi link di Facebook. Begitu pun Tweetmeme, kita tidak perlu lagi masuk ke bit.ly untuk memendekkan alamat url kemudian secara manual me-retweet. Kita tinggal meng-klik button retweet yang ada di sumber tulisan, dan otomatis kita me-retweet artikel itu dan Tweetmeme mencatatnya pada situs Tweetmeme, sehingga jika kita masuk pada situs Tweetmeme maka retweet kita serta retweet orang lain akan terlihat.

Memang dua aplikasi ini mengharuskan kita untuk mendaftarkan diri pada masing-masing aplikasi untuk bisa menjalankan fungsi ini, dan bagi anda yang cukup tidak sabar untuk mengikuti beberapa proses dan ingin cepat-cepat menulis, anda harus sedikit menarik nafas dan bersabar, no pain-no gain, right?

Kemajuan internet dan berkembangnya kemampuan pihak ketiga untuk membuat aplikasi-aplikasi keren membuat hidup di dunia internet semakin seru dan menyenangkan, untuk itu, anda bisa share pengalaman anda di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again