1. Startup

Aplikasi e-Tryout Ajak Pelajar Latihan Ujian Sekolah Lewat Perangkat Ponsel

Para siswa mengenal periode pertengahan tahun sebagai musimnya ujian sekolah. Mulai dari Ujian Nasional hingga ujian kenaikan kelas, musim ini bisa dibilang menjadi musim yang cukup menyibukkan. Dalam kesibukkan belajar menghadapi ujian, kebosanan kerap menghampiri, untuk itu tak ada salahnya menyimak aplikasi mobile terbaru yang satu ini, e-Tryout. Lewat aplikasi ini pelajar bisa berlatih mengerjakan soal-soal mata pelajaran secara interaktif melalui perangkat ponsel dan PC.

e-Tryout merupakan aplikasi latihan soal yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa SD, SMP, SMA, dan bahkan bagi CPNS, SBMPTN, ataupun siapa saja. Semua orang bisa mencoba menguji tingkat kebolehannya dalam ujian tryout secara digital. Seluruh materi soal mata pelajaran diklaim oleh e-Tryout merupakan soal-soal yang sesuai dengan kurikulum Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama untuk beberapa mata pelajaran tertentu.

Dikembangkan oleh pengembang lokal, Alfasoft, yang merupakan salah satu startup yang masuk dalam program inkubasi Indigo Incubator 2014, aplikasi e-Tryout memiliki keunggulan berupa penggunaan yang mudah disertai dengan model bisnis yang jelas. Proses registrasi penggunanya sangat singkat, pengguna hanya tinggal memasukkan data yang dibutuhkan seperti nama sekolah dan nomor handphone maka registrasi telah selesai dilakukan. e-Tryout tidak memerlukan verifikasi via email namun hanya membutuhkan verifikasi via sms yang akan dikirimkan setelah proses registrasi selesai dilakukan. Setelah mendaftar, pengguna akan diberikan saldo sebesar 200 secara gratis untuk membeli soal.

Untuk “menikmati” ujian tryout secara lengkap, e-Tryout tidak memberikannya secara gratis. Melalui saldo yang ditetapkan, pengguna diharuskan untuk mengunduh sejumlah soal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya seperti tingkat sekolah, sampai kurikulum juga dapat disesuaikan. Saldo 200 yang diberikan di awal tentu tak cukup untuk mengunduh soal mata pelajaran dengan lengkap. Di sini lah model bisnis e-Tryout dijalankan.

Pengguna bisa melakukan top-up saldo dengan harga yang bervariasi dengan lima paket soal ujian yang sudah di-bundling jadi satu. Harga yang dipatok cukup murah, mulai dari yang paling rendah sebesar Rp 1.100 dengan paket 200 soal, Rp 5.500 untuk 1.500 soal,  Rp. 11.000 untuk 3.500 soal, Rp 16.500 untuk 5.500 soal, dan yang paling mahal seharga Rp 33.000 untuk 12.000 soal. Tak sampai situ saja, e-Tryout juga punya paket soal premium yang di dalamnya berisi soal-soal khusus ujian UN, Bahasa, dan CPNS. Harga paket soal premium tentu berbeda, e-Tryout mematok harga 10 kali lipat lebih tinggi dibanding dengan paket soal reguler yang dijabarkan tadi.

Pembelian saldo dan paket soal juga dibuat mudah. Dalam hal ini, e-Tryout menerapkan lima metode pembelian. Pengguna bisa memilih, mulai dari sistem potong pulsa, pembelian di Indomaret dengan UniPin, voucher IndoMog, GudangVoucher, atau pun dengan transfer antar rekening bank. Proses pembayaran seluruhnya dapat dilakukan secara real-time.

Untuk fitur yang ditawarkan, secara singkat e-Tryout benar mencoba untuk menawarkan solusi yang menyenangkan dari proses pembelajaran. Pengguna akan memperoleh pengalaman latihan ujian yang lengkap. Setelah menjalani proses tryout, statistik ujian dapat dipantau secara jelas, begitu pula dengan fitur Raport yang tersedia, pengguna bisa melihat hasil akhir dari ujian yang telah dilakukan.

Sejauh ini, aplikasi e-Tryout bisa dikatakan tampil sebagai salah satu startup pendidikan lokal yang paling lengkap dan menawarkan konten pendidikan yang sesuai dengan sistem dan kondisi pendidikan yang berlaku di Indonesia saat ini. Dengan menawarkan model bisnis yang cukup jelas, bisa saja nantinya aplikasi e-Tryout akan memiliki potensi yang cerah kedepannya.

Aplikasi e-Tryout kini tersedia untuk perangkat Android dan juga hadir sebagai aplikasi untuk platform PC. Hingga kini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kehadirannya di platform lain.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again