1. Startup

Apakah Facebook Akan Melakukan Perubahan Besar-besaran?

Facebook akan menyelanggarakan sebuah acara pada hari Rabu tanggal 6 Oktober (waktu U.S.), ada beberapa spekulasi tentang apa yang akan dilakukan Facebook pada event ini, beberapa diantaranya adalah tentang perubahan tampilan, mirip yang dilakukan Twitter beberapa waktu yang lalu.

Menjelang siang tadi, waktu Indonesia, beberapa pengguna menyebutkan bahwa situs Facebook down selama sekitar 44 menit, apakah ini ada hubungannya dengan implementasi tertentu atas tampilan serta fitur baru dari Facebook? Tidak ada penjelasan resmi dari Facebook, namun Mashable justru mengaitkan kejadian ini dengan down yang menimpa Facebook pada tanggal 23 September yang lalu.

Lalu, perubahan seperti apa yang diperkirakan akan terjadi pada Facebook hari Rabu pagi (waktu U.S) nanti? TechCrunch menyebutkan beberapa kemungkinan perkembangan yang akan dilakukan Facebook, antara lain berkaitan dengan aplikasi resmi Facebook di iPad, perkembangan dari Facebook Place, lalu Facebook Bar, kemudian perkembangan atas Facebook Credits, Facebook Phones (yang ditolak mentah-mentah oleh Facebook namun tetap menyimpan 'misteri' tersendiri), serta kemungkinan perubahan atau pembaruan pada fitur Facebook Events.

Perubahan lain yang mungkin akan terjadi adalah tentang tampilan Facebook itu sendiri. TechCrunch menuliskan bahwa sebagian pengguna telah dapat melihat beberapa perubahan yang terjadi, misalnya kemunculan versi terbaru dari fitur chat, serta perubahan posisi dari sebelah kanan berubah ke sebelah kiri dan penambahan gambar profil yang cukup besar pada fitur chat. Perubahan desain juga dikabarkan akan terjadi pada halaman profil serta halaman lain yang ada di situs Facebook, yang tampilannya akan lebih mirip dengan halaman Facebook Places. Dan jika perubahan ini benar terjadi, tentu semua fitur yang ada di Facebook juga akan mendapatkan penyesuaian tampilan, termasuk Facebook Profiles, Pages, Events, Groups, Photos dan Videos.

Analisis bahwa Facebook sedang mempersiapkan sesuatu yang serius, bukan hanya dari undangan akan event saja tetapi, Facebook dikabarkan telah melakukan 'lockdown', sebuah istilah yang digunakan Mark Zuckerberg untuk mendorong karyawan mereka bekerja seharian penuh dalam mengejar sebuah target penyelesaian pekerjaan tertentu.

Dengan penambahan berbagai fitur utama, seperti Facebook Places, serta fitur Like dan integrasi Facebook Instant Personalization dan rencana social graph dari Facebook serta fasilitas unggah foto beresolusi tinggi, sepertinya perkiraan tentang perubahan besar akan terjadi pada Facebook akan benar terjadi, belum lagi dengan pengguna yang jumlahnya sangat besar, tentu perubahan senantiasa harus dilakukan. Kita lihat perubahan serta perkembangan apa saja yang terjadi pada Facebook, apakah akan ada perombakkan besar seperti yang terjadi pada Twitter beberapa waktu lalu?

Sumber gambar dan berita TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again