1. DScovery

Apa Itu Workshop? Pengertian, Manfaat Serta Perbedaannya dengan Training dan Seminar

Untuk melatih skill maka seseorang perlu mempelajari dan mempraktikan apa yang telah dipelajarinya secara nyata. Salah satu kegiatan yang mendukung hal ini adalah workshop, berikut ini penjelasannya.

Saat Ini orang-orang seringkali melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan skill dan potensi dirinya. Salah satunya adalah mengikuti kegiatan workshop terkait suatu topik tertentu, dimana seseorang akan belajar dalam pelaksanaan secara nyata. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pengertian workshop:

Pengertian Workshop

Workshop adalah salah satu metode belajar yang dilakukan berdasarkan pengalaman dan praktik secara langsung serta mendorong para peserta untuk berperan aktif. Workshop disebut juga sebagai lokakarya dan biasa digunakan sebagai metode pembelajaran orang dewasa, dimana peserta melakukan proses pembelajaran secara insentif dan berpusat pada penyelesaian suatu masalah.

Kegiatan workshop disusun dengan berbagai tahapan-tahapan pembelajaran, peserta pada awalnya akan diberikan penjelasan mengenai pengetahuan dan keterampilan serta melakukan praktik secara langsung terkait pembelajaran yang telah disampaikan sebelumnya.

Workshop atau lokakarya memiliki berbagai tema pembelajaran yang berbeda tergantung pada apa yang dibutuhkan oleh orang lain, ada workshop mengenai cara memasak, ada workshop dengan tema kreativitas seperti menjahit, menenun dan lain sebagainya. 

Manfaat Workshop

Workshop atau lokakarya memiliki memiliki beberapa manfaat dalam proses kegiatannya. Berikut ini manfaat dari kegiatan workshop:

  • Menambah wawasan dan skill 

Kegiatan workshop dilakukan juga sebagai bentuk dari sebuah pelatihan mengenai suatu pembelajaran. Kegiatan ini memberikan manfaat dalam menambah wawasan dan skill terhadap suatu bidang.

Kegiatan workshop biasa diisi oleh pemateri atau pengajar yang ahli di bidangnya, sehingga pengajaran yang diberikan tentu memiliki banyak ilmu melalui  based on experience. Mengikuti kegiatan lokakarya ini dapat menambah wawasan dan skill terhadap suatu penyelesaian masalah.

  • Menambahkan pengalaman secara langsung dan praktis

Kegiatan workshop juga memberikan manfaat dalam menambahkan pengalaman peserta secara langsung melalui kegiatan praktik yang praktis. 

  • Memperluas relasi sosial

Dengan mengikuti workshop seseorang dapat menambah jaringan relasi sosial yang lebih luas, karena melalui workshop seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan ini akan sangat membantu dalam proses berputar pikiran terkait solusi penyelesaian suatu masalah.

  • Mempelajari sebuah bidang baru 

Workshop juga memberi manfaat untuk mempelajari sebuah bidang baru yang terhadap peserta pemula. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mengasah kemampuan peserta secara lebih mendalam karena berinteraksi dengan masalahnya secara langsung.

  • Menambah potensi usaha baru

Pelatihan atau pelajaran yang dilakukan secara langsung di workshop bisa digunakan sebagai ide bisnis baru. Karena biasanya peserta yang mengikuti kegiatan workshop adalah orang-orang yang ingin menambah kemampuan baru dan mengembangkan potensi dirinya.

Perbedaan Workshop dengan Training dan Seminar

Kegiatan workshop dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dengan jenis-jenis tema yang berbeda, seperti adanya workshop dengan tema pelatihan public speaking, memasak, menjahit dan lain sebagainya.

More Coverage:

Terkadang workshop sering disalah artikan sebagai kegiatan training atau seminar, padahal ketiganya memiliki perbedaan dalam pelaksanaan dan aktivitas kegiatannya. Berikut ini perbedaan antara workshop, training dan seminar.

WorkshopTrainingSeminar
Aktivitas pembelajaran melalui penjelasan pemateri dan praktik Aktivitas pembelajaran melalui materi dan pelatihan Aktivitas pembelajaran berupa penjelasan dari pemateri
Aktivitas yang digunakan untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi terkait topik yang telah ditentukanAktivitas yang fokus pada pengembangan skill masing-masing pesertaAktivitas yang berfokus pada sesi tanya-jawab antara pemateri dan peserta
Jangka waktu ditentukan oleh berapa lama waktu yang diinginkan oleh pesertaJangka waktu ditentukan berdasarkan periode waktu tertentu, biasanya membutuhkan waktu lebih dari 1 hariJangka waktu umumnya hanya 2-3 jam dalam satu hari yang sama
Peserta berperan aktifPeserta berperan aktifPeserta cenderung berperan pasif
Peserta biasanya adalah para pemula dalam topik workshopPeserta biasanya berfokus untuk mengasah keterampilan atau orang baru yang berkeinginan menjadi profesionalPeserta biasanya adalah orang-orang yang tertarik atau bahkan terlibat langsung dalam topik kegiatan

Demikian penjelasan seputar kegiatan workshop atau lokakarya, aktivitas ini merupakan bagian dari proses pembelajaran non-formal. Dimana kegiatan workshop biasanya dibuka dengan biaya tertentu untuk mengambil satu kelas workshop, meskipun terkadang ada workshop tanpa biaya tetapi jumlah peserta cenderung lebih dibatasi.

Semoga informasi tersebut dapat membantu mu dalam memahami pengertian workshop hingga perbedaannya dengan kegiatan lain seperti training dan seminar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again